Sukses

8 Tanda Anda Sudah Bekerja Berlebihan

Pekerjaan di kantor menuntut banyak waktu dan perhatian. Kerja yang berlebihan bisa menyebabkan Anda kelelahan. Karena itu kenalilah tanda-tandanya karena tubuh Anda yang merasakannya.

Pekerjaan di kantor menuntut banyak waktu dan perhatian. Kerja yang berlebihan bisa menyebabkan Anda kelelahan. Karena itu kenalilah tanda-tandanya karena tubuh Anda yang merasakannya.

Workaholic bisa menghabiskan waktu berjam-jam di kantor. Kondisi seperti itu yang membuat pekerja rentan mengalami gangguan fisik dan mental.

Ada berbagai cara agar Anda bisa bersanyai dan relaks dengan pekerjaan Anda seperti berolahraga atau melakukan hobi Anda.

Kelelahan karena pekerjaan bisa berbeda-beda untuk setiap individu. Ada indikator universal yang cukup membantu Anda mengenali tanda-tanda kalau Anda sudah terlalu lelah bekerja seperti dikutip Magforwomen, Selasa (7/5/2013):

1. Kelelahan konstan dan energi berkurang


Terlalu banyak bekerja memengaruhi tubuh Anda secara negatif. Tubuh gagal merespons sesuai instruksi.

Membebani diri dengan banyak pekerjaan sering menyebabkan Anda kurang energi dan mengalami kelelahan konstan.

2. Sedih dan putus asa

Jika Anda merasa sedih dan suram selama berminggu-minggu atau dalam bulan terakhir, Anda mungkin perlu istirahat dari pekerjaan rutin.

Ini berarti mental sedang lelah setelah bekerja keras dan Anda perlu bebas dari pola menetap dan memanjakan diri dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan.

3. Kurang tertarik bekerja keras

Jika tak lagi peduli dengan target dan pencapaian tujuan. Atau Anda tak termotivasi bekerja keras, ini menunjukkan Anda perlu mengistirahatkan pikiran dan tubuh.

4. Produktivitas berkurang

Jika belakangan ini Anda tak sesuai tenggat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, Anda mungkin mengalami tekanan yang tinggi dalam pekerjaan yang membuat tubuh dan pikiran Anda jenuh sehingga menolah bekerja sama.

5. Meningkat keinginan melarikan diri dari pekerjaan

Awalnya, Anda menikmati pekerjaan Anda setiap harinya dan tak suka meninggalkannya. Tapi, sekarang Anda mulai mencari kesempatan untuk melewati pekerjaan. Jika ini terjadi, maka menandakan Anda sudah kerja berlebihan.

6. Terlibat alkohol atau obat-obatan

Jika dosis obat-obatan atau alkohol meningkat pesat demi bertahan dengan sibuknya pekerjaan, ini menandakan indikasi beban kerja Anda mengerikan alias sudah berlebihan.

7. Sering marah dan frustasi di rumah serta pekerjaan

Jika Anda sudah mulai marah dengan masalah kecil di rumah dan kantor, prilaku Anda mungkin cepat atau lambat tak dapat diterima.

8. Hubungan tegang dan stres

Terlalu tergantung dengan pekerjaan membuat Anda tak punya waktu dengan teman dan keluarga. Jika teman-teman dan keluarga Anda sudah mengeluh karena Anda sering menarik diri, saatnya mulai mengurangi jam kerja Anda.

(MelAbd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini