Sukses

Udon, Rendah Kalori Tinggi Protein Cocok untuk Program Diet

Penggemar makanan tentu mengenal Udon, mi kenyal dari Jepang. Rasanya yang nikmat ini rupanya bermanfaat bagi kita yang ingin melakukan diet.

Penggemar makanan tentu mengenal Udon, mi kenyal dari Jepang. Rasanya yang nikmat ini rupanya bermanfaat bagi kita yang ingin melakukan diet.

Celebrity Chef Edwin Lau menyebutkan, udon mengandung kalori yang tidak begitu tinggi namun kaya protein. Meski begitu, tergantung toppingnya. Selama berimbang dan aktivitas cukup tinggi maka mi lezat ini akan menyehatkan.

"Udon sangat rendah kalori karena tidak dibuat dengan telur layaknya ramen. Ramen pakai telur jadi nilai kolesterolnya, lemak jenuhnya, dan total kalorinya bertambah," ujar Edwin dalam Peresmian Restoran 'Marugame UDON'di Mal Taman Anggrek, Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Selain itu, menurut Edwin, udon sangat rendah lemak. Bahkan garam yang digunakan untuk membuatnya juga sangat dipilih. Sama halnya dengan air untuk membuat adonannya. "Karena tidak semua air bisa untuk pembuatan udon," tambah pria yang berambut nyentrik itu.

Soal kuah, lanjut Edwin, biasanya rasa udon tak seberat ramen. Pada udon, kuah untuk menonjolkan kualitas minya. Sedangkan pada ramen lebih menonjol pada kuahnya.

"Jadi bukan udon yang mengangkat kuahnya, tapi yang lainnya yang mengangkat udonnya. Jadi itu mengapa di Jepang memakannya bahkan dikonsumsi balita sekalipun," katanya.

Selain rendah kalori, udon merupakan tipe mi yang mudah dicerna, sehingga tidak perlu pasokan darah yang lebih banyak ke lambung. Ini yang membuat orang menjadi lebih lama kenyang karena tak menghabiskan lebih banyak energi.

"Orang Jepang pulang kantor, makanannya kalau tidak udon ya ramen. Ibu-ibu dan wanita pekerja pilihannya udon. Karena kenyangnya lebih lama karena glisemiknya rendah, proteinnya tinggi. Membuat mereka lebih produktif," katanya.
 
Penggemar makanan Jepang tentu tahu betul beda ramen dan udon. Jika dilihat dari bentuk mienya saja, mi ramen berukuran tipis dan kuah supnya melimpah. Mi ramen sebenarnya bukan mi asli Jepang. Sementara udon mempunyai bentuk yang lebih tebal dan berwarna putih. Udon terbuat dari tepung terigu dan asli dari Jepang.

Udon biasanya disajikan dalam dua variasi yaitu udon panas yang biasa disajikan pada musim dingin dan udon dingin yang disajikan pada saat musim panas. Untuk topping yang disajikan untuk udon biasanya berupa tempura.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.