Sukses

Latihan Kegel, Hilangkan Beser, Kencangkan Vagina

Latihan menahan pipis selama 10 menit sesering dan selama mungkin bisa membantu penderita beser (inkontinensia urine) sembuh. Latihan ini juga termasuk dalam senam kegel.

Latihan menahan pipis selama 10 menit sesering dan selama mungkin seperti yang biasa dilakukan untuk menguatkan otot di sekitar vagina bisa membantu penderita beser (inkontinensia urine) sembuh.

Menurut Konsultan Medis dari On Clinic, Dr. Johnny Felix Gosyanto, Selain bisa menyembuhkan penderita beser karena bisa melatih otot pinggul, gerakan ini juga dikembangkan menjadi senam kegel yang bisa membuat otot-otot di bagian bawah tulang panggul atau sekitar kemaluan (vagina) menjadi lebih kuat.

"Latihan kegel itu sederhana, seperti duduk seperti menahan BAB (Buang Air Besar). Kemudian menahan pipis selama 10 menit sesering dan selama mungkin," kata Johnny di Jakarta, Rabu (01/5/2013).

Senam kegel diperkenalkan oleh Dr. Arnold Kegel sejak tahun 1945. Kegel merupakan latihan otot dasar panggul Pubococcygeus (PC) yang pada awalnya digunakan untuk terapi pada perempuan yang tidak bisa mengontrol keluarnya urine.

Senam ini merupakan rangkaian gerakan yang berfungsi untuk melatih kontraksi otot PC berkali-kali dengan tujuan meningkatkan kekuatan tonus (otot) dan kontraksi otot.

Beser ini biasanya menyerang 1 dari 3 wanita dewasa. Menurut penelitian, penderita beser wanita terjadi di usia 35-65 tahun yang mencapai 12 persen. Dan 16 persen meningkat jika seseorang berusia lebih dari 65 tahun. 

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini