Sukses

Mei Tiba, Ajangnya Peringatan Bulan Masturbasi

Kalender sudah menunjukkan tanggal 1 Mei 2013 dan di Amerika Serikat bulan Mei dirayakan sebagai Bulan Masturbasi. Ada kisah di balik penetapan Bulan Masturbasi ini.

Kalender sudah menunjukkan tanggal 1 Mei 2013 dan di Amerika Serikat bulan Mei dirayakan sebagai Bulan Masturbasi. Ada kisah di balik penetapan Bulan Masturbasi ini.

Perayaan Bulan Masturbasi ditetapkan toko ritel Good Vibration sejak tahun 1995, setelah US Surgeon General Joycelyn Elders dipecat akibat pernyataannya tentang masturbasi.

Pada 1994, Elders mengatakan kalau masturbasi harus dimasukkan dalam program pendidikan seks. Elders dalam pidato di Hari AIDS Perserikatan Bangsa-bangsa mendapat pertanyaan dari audiens tentang potensi masturbasi dalam menekan aktivitas seksual.

Dan dia menjawab, "Saya pikir ini merupakan suatu bagian dari seksualitas manusia dan bagian yang mungkin harus diajarkan".

Dan akibat pernyataannya itu, karier Elders sebagai Surgeon General pertama berkulit hitam berakhir sudah.

Jengkel dengan pemecatan Elders, toko mainan seks di San Francisco dan perusahaan pendidikan Good Vibrations memutuskan untuk menemukan cara agar mengingat pemecatan Elders dan membawa topik masturbasi seperti yang ada di pikiran Elders.

Menyadari banyak orang tak sepaham dengan pernyataan Elders dan mendukung orang menikmati seks dengan cara sederhana dengan masturbasi, Good Vibrations berusaha memberikan dukungan, saran, dan kepastian untuk orang-orang yang mencari kesenangan seksual dari diri sendiri.

Dan sejak saat itulah Bulan Masturbasi dirayakan. Goood Vibrations melakukan langkah pertama dengan mempromosikan masturbasi sebagai cara aman dan sehat alami dalam mengeksplorasikan seksualitas seseorang. Sehingga menghapus rasa malu dan stigma tentang masturbasi.

Masturbasi Dianggap Tabu

Selama bertahun-tahun, masturbasi dianggap memalukan dan ada yang menilainya dengan salah paham. Sejarawan Thomas W. Laqueur berpendapat, ide masturbasi modern muncul di awal Abad 18 dalam bentuk 'penyakit' baru yang memerlukan tindakan medis.

Dan pada pertengahan Abad ke-19, ada pasaran antimasturbasi, termasuk perangkat seperti alarm ereksi. Masturbasi mengalami transformasi yang lambat tapi stabil sejak abad ke-20.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah," tulis Laqueur seperti dikutip dari Lasvegasweekly, Rabu (1/5/2013).

"Masturbasi dianggap sebagai cara pembebasan, otonomi, kesenangan untuk diri sendiri, melarikan diri dari jalan yang ditentukan secara sosial menuju orang dewasa yang normal".

Menurutnya, masturbasi berubah dari perilaku seksualitas yang menyimpang dalam kehidupan sosial menjadi perilaku seksual yang baru di masyarakat.

Menurut Education Program Manager di Good Vibrations, Charlie Glickman, Bulan Masturbasi pada Mei telah membebaskan orang berbicara tentang masturbasi.

"Tujuan di balik Bulan Masturbasi adalah membebaskan diri dari beberapa stereotipe dan miskonsepsi untuk menciptakan ruang di mana masturbasi tidak dilihat sebagai pilihan yang jelak tapi pilihan lain di meja prasmanan".

Lantas mengapa perlu mendidik masyarakat tentang masturbasi dalam sebulan?

Ada dua jawaban yang mendasarinya. Pertama, membantu orang yang sudah menikmati dirinya sendiri untuk mempelajarinya lagi lebih lanjut. Dan kedua dan yang paling penting, sepertinya banyak orang yang merasakan keuntungan dari beberapa dorongan dan pendidikan. (Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.