Sukses

Berenang, Cara Ampuh Sembuhkan Punggung Bengkok Akibat Kifosis

Kifosis yang bukan disebabkan osteoporosis bisa disembuhkan, contohnya dengan berjalan di air dan berenang

Kifosis atau kelainan yang terjadi pada tulang bagian belakang memang paling banyak disebabkan oleh Osteoporosis.

Namun, penyebab kifosis juga bisa akibat masalah fungsional, seperti pekerjaan dan orang yang dirawat selama berbulan-bulan di ICU. Kifosis yang bukan karena osteoporosis bisa disembuhkan, misalnya dengan berjalan di air.

Menurut Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dari Departemen Rehabilitasi Medik RSCM-FKUI, dr. Siti Annisa Nuhonni, SpKFR, kifosis yang disebabkan oleh osteoporosis memang tidak bisa disembuhkan, tapi kalau penyebabnya karena fungsional bisa disembuhkan.

"Berenang cara ampuh untuk mengembalikan bentuk tubuh normal kembali. Mau gaya bebas, gaya dada, semua bisa," kata dr Nuhonni dalam acara bertajuk 'Kenali Kifosis, Jauhi Penyebabnya: Osteoporosis. Demi Esok yang Lebih baik' bersama Anlene, di Jakarta, Jumat (26/4/2013)

Jika tak bisa berenang, menurut Nuhonni, berjalan di dalam air pun mampu membuat tubuh normal kembali.

"Berdiri di kolam renang yang dalamnya 1,5 meter, lalu berjalan di air pun bisa. Ketika berjalan di air, dan melawan air, orang tak mungkin bungkuk. Pasti menarik badannya ke belakang," tambahnya.

Untuk menghindari osteoporosi, seseorang harus menjaga postur tubuhnya, otot tubuh dikuatkan, dan latihan.

"Menjaga postur tubuh gampang. Caranya, tarik perut ke belakang dan tekan bahu. Latihannya sendiri, carilah latihan yang dapat mengembalikan postur tubuh ke bentuk sebelumnya," jelasnya.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini