Sukses

Bayi yang Lahir dengan Usus Terburai Sudah Normal dan Sehat

Bayi Cantika Nafla Shakira yang lahir pada 6 April lalu dengan kondisi usus terburai di RS Brawijaya berhasil dioperasi di RS Medistra, Jakarta.

Bayi Cantika Nafla Shakira yang lahir pada 6 April lalu dengan kondisi usus terburai di RS Brawijaya berhasil dioperasi di RS Medistra, Jakarta. Usai dioperasi di RS Medistra, Cantika kini sudah sehat dan boleh dibawa pulang. Bayi Cantika dijemput kedua orangtuanya, Syaiful Syam (34) dan Lisa (28) beserta kakeknya Rahmat (68).

Keluarga bersyukur dan merasa sangat senang bisa berkumpul bersama cantika. "Nggak bisa diungkapkan (rasa senangnya)," kata Syaiful saat ditemui Liputan6.com di RS. Medistra, Rabu (24/4/2013).

Ibu dan kakek bayi Cantika juga mengucapkan syukur serta berterima kasih pada RS Medistra yang memberi keringanan pada keluarga. Meski belum bisa membayar biaya rumah sakit dengan total Rp 77 juta, tetapi bayi Cantika sudah boleh dibawa pulang.

Rumah sakit belum memutuskan berapa besar biaya yang harus ditanggung keluarga. Keluarga dipersilakan membayar semampunya, sambil mengurus adminisrasi demi mendapatkan keringanan. Dalam hal ini, keluarga diperbolehkan mencicilnya.

"Sudah boleh pulang, senang," ungkap Lisa di tempat yang sama.

Dalam masa perawatan, bayi Cantika ditangani dengan sangat baik dan sesuai standar rumah sakit. "Dirawat banget..banget. Semua suster yang ada di situ penuh perhatiannya. Perawatannya bagus," ujar Syaiful.

Usai dioperasi, usus bayi Cantika sudah berfungsi normal dan sudah diberi ASI. "Anaknya sehat, ASInya udah keluar, minum ASInya juga kuat," kata Lisa.

Keluarga berharap ada donatur yang mau membantu membiayai rumah sakit untuk bayi Cantika.

Kelainan bawaan 

Dokter spesialis anak di RS Medistra yang menangani Cantika, dr. Eric Gultom, Sp.A, menjelaskan bahwa keadaan yang dialami bayi cantik berbobot 2,16 kilogram ini disebut sebagai gastroschisis.

"Yang dialami Cantika disebut gastroschizis, yaitu kelainan bawaan lahir di mana dinding perut, ototnya itu tidak menyatu dari kiri ke kanan. Karena dia tidak menyatu maka ususnya keluar." ujar dokter yang kelihatan gaul ini.

Penyebab kelainan belum bisa diketahui. Menurut Eric, kelainan itu sama seperti bibir sumbing yang disebut kelainan garis tengah.

"Bibir sumbing di tengah, ini juga di tengah. Namanya midline defect, kelainan-kelainan defek yang setengah. Itu bisa sampai ke belakang (tubuh)," kata dr Eric saat ditemui di ruang praktiknya di RS Medistra.

(Zul/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini