Sukses

Membuat Nyaman, Satu Cara Mengatasi Anak Rewel

Anak yang rewel bisa jadi karena masuk angina. Karena itu, cobalah buat nyaman si kecil dengan menggendong, mengelus atau mengganti popoknya

Ketika seorang anak rewel, orang tua cenderung memarahinya. Sayang, tidak banyak ada orang tua yang mau mencari tahu mengapa anaknya rewel. Padahal, bisa saja anak yang rewel akibat masuk angin.

Menurut Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Siloam Lippo Village Karawaci, dr. S. Djokomuljanto, MMed (Paesds) Sp.A, saat anak merasa masuk angin orang tua wajib memberinya rasa nyaman dan segera memeriksa keadaannya.

"Bisa jadi juga anak Anda rewel untuk mencari perhatian Anda. Beri dia langsung kenyamanan," kata Djoko dalam acara 'Anak Sehat Cara Herbal Antangin Junior' di Jakarta, Rabu (24/3/2013).

Kenyamanan yang dimaksud Djoko seperti memberi ASI, menggendong, elusan hangat, mengganti popok, atau memperdengarkan musik. "Kalau masih rewel juga, ajak jalan-jalan," tambahnya.

Masuk angin merupakan kumpulan gejala yang terjadi bersamaan seperti perut kembung, mual, dan pusing kepala. Saat anak mengalaminya, mereka pasti rewel.

Secara non medis anak yang rewel biasanya karena gerah, kedinginan, kepanasan, lapar, kelelahan, kembung, dan tantrum. Secara medis, rewel bisa menandakan infeksi, tumbuh gigi, miliaria (biang keringat), kolik, alergi, dan imunisasi. (Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini