Sukses

Ada Lesung Pipi, Ada Juga Lesung Bokong

Mengapa pria punya puting payudara, mengapa ada pusar yang menonjol dan tenggelam dan masih banyak pertanyaan lain

Ada banyak hal terembunyi di dunia ini, termasuk dalam bagian tubuh kita seperti misalnya kenapa pria punya puting. Beberapa hal tersembunyi berikut ada penjelasan singkatnya seperti dikutip Cosmopolitan Kamis (18/4/2013).

Ini semua diungkap oleh dokter Yael Varnado, MD dalam bahasannya tentang anyaan soal organ tubuh yang menarik di televisi.

Mengapa pria punya puting?


Sejak masih embrio, kita semua sama saat di rahim karena kromosom yang membuat kita menjadi pria dan wanita belum berkembang. Karena alasan itu, pria juga punya puting.

Puting ada di ujung payudara yang tumbuh pada embrio pria dan wanita dan kemudian menyusut meninggalkan putingnya saja. Ini terjadi sebelum kromosom 23 (XX dan XY) mulai memberikan perubahan fisik yang membedakan pria dan wanita.

Mengapa beberapa areolanya lebih besar?


Sama seperti bagian tubuh lainnya, ukuran dan bentuk areola berbeda. Hal ini juga dapat berubah seiring bertambahnya usia, hamil, menyusui, dan sebagainya. Wanita yang menyusui cenderung memiliki areola yang lebih besar.

Apakah yang membengkak di sekitar areola?

Benjolan kecil pada areola disebut kelenjar montgomery. Inilah yang menghasilkan minyak yang melumasi puting.

Apa tujuan pusar (bodong dan masuk ke dalam)

Pusar berasal dari bekas luka setelah tali pusar terlepas dari tubuh setelah dilahirkan. Lantas mengapa ada yang memiliki pusar yang menonjol dan ada yang tenggelam? Ini hanya karena kulit berlebih yang tertinggal setelah tali pusar lepas. Tapi, hanya 10 persen yang memiliki pusar menonjol.

Mengapa ada orang yang punya lesung pipi?

Ini adalah keturunan. Gen lesung pipi adalah gen dominan, yang berarti jika salah satu orangtuanya memiliki lesung pipi, maka anak akan memiliki juga. Tapi terkadang, lesung pipi bisa melewati generai.

Jadi, jika tak satu pun dari orangtua Anda memilikinya, gen yang mungkin ada di anggota lain dari keluarga bisa diturunkan ke Anda. Tampilan lesung pipi Anda tergantung pada bentuk wajah dan otot.

Mengapa beberapa orang memiliki lesung di pantat dan punggung bagian bawah?

Nama sebenarnya ada lesung bokong di punggung bawah. Ini juga dikenal dengan Venus Dimples. Lekukan di punggung bawah itu tercipta ketika ligamen pendek membentang antara spina iliac posterior superior dan kulit Anda. Lesung bokong ini biasanya genetik.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini