Sukses

Ragam Warna Buah dan Sayuran Serta Manfaatnya

Buah-buahan dan sayuran sangat beragam warnanya. Ada yang berwarna hijau, putih, cokelat, kuning, orange, biru, dan lain-lain.

Buah-buahan dan sayuran sangat beragam warnanya. Ada yang berwarna hijau, putih, cokelat, kuning, orange, biru, dan lain-lain.

Setiap warna memiliki manfaat tersendiri. Dan warna pada buah-buahan serta sayuran terlihat seperti kode. Pilih warna serta manfaat sesuai yang dibutuhkan. Berikut kode warna buah-buahan dan sayuran, yang dikutip dari redOrbit, Rabu (17/4/2013).

Hijau

Buah-buahan dan sayuran hijau, seperti alpukat, paprika hijau, seledri, kiwi, timun, asparagus, dan juga apel hijau merupakan pilihan yang lezat dan bergizi. Karena dianggap sarat dengan vitamin, seperti folat, mineral, dan serat.

Lutein, yang ditemukan dalam sayuran sehat, seperti kangkung, lobak, dan selada, bisa bantu menangkis degenerasi makula (penyebab utama kehilangan penglihatan dan kebutaan di Amerika).

Paprika, brokoli, dan kecambah merupakan sumber kekuatan dari vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang bisa menurunkan risiko kanker, meningkatkan penyerapan zat besi, dan mendorong penyembuhan luka.

Kubis, kecambah, kangkung, dan lobak bisa mengurangi risiko kanker.

Kuning dan orange

Jeruk menunjukkan beta karoten lebih dari sekedar wortel. Nutrisi beta karoten juga ditemukan dalam ubi jalar, mangga, aprikot, dan belewah, yang memiliki sifat antioksidan. Selain itu, juga membantu mencegah kekurangan vitamin A dan mungkin memainkan peran dalam membantu kekebalan tubuh.

Vitamin C berlimpah dalam warna kuning dan orange dari pelangi makanan, terutama pepaya, jeruk, nanas, dan belewah. Begitu pula pada lemon dan limau, yang dalam keadaan matang mngandung antioksidan tertinggi.

Folat juga ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna orange. Itu bisa bantu mencegah cacat lahir tertentu dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Buah-buahan dan sayuran berwarna kuning, seperti nanas, jagung, dan pir mengandung serat yang tinggi serta vitamin C

Merah

Carilah sayuran dan buah-buahan berwarna merah dan pink untuk mendapat sumber likopen. Sebuah antioksidan kuat yang bisa bantu mencegah berbagai jenis kanker. Likopen yang juga bisa memperlambat pengerasan arteri dan pertumbuhan tumor, terdapat dalam tomat, semangka, pepaya, jambu biji, dan jeruk bali warna merah atau pink.

Buah bit (umbi) dengan pigmen merah dan kaya akan sumber folat yang terlibat dalam pertumbuhan jaringan normal telah memberi harapan terhadap kanker usus besar.

Biru dan ungu

Coba buah-buahan dan sayuran berwarna gelap, biru, hitam, dan ungu. Semisal blackberry, buah ara, plum, plum yang diawetkan, terong, dan kismis.

Rendah kalori dan tinggi vitamin C, terutama blueberry, dikhususkan sebagai pembangkit gizi yang kecil. Antosianin adalah pigmen yang bertanggung jawab atas warna dari buah-buahan dan sayuran serta untuk kualitas antioksidannya.

Selain ketajamannya melawan kanker, antosianin juga bisa mendukung sistem vaskular. Cari nutrisi tersebut dalam varietas segar dan beku pada buah-buahan dan sayuran berwarna biru dan ungu.

Putih, cokelat, dan sawo matang

Buah-buahan dan sayuran dengan warna putih, cokelat, dan sawo matang terlihat lebih tenang dibanding warna mencolok seperti tadi. Bumbu seperti jahe bisa mengurangi rasa sakit setelah latihan atau bantu mengatasi hal lain, seperti mual.

Dan bawang putih, direkomendasikan untuk  mencegah kanker dan penyakit jantung.

Sayuran putih mengandung allicin, yang diduga bantu menurunkan kolestrol dan tekanan darah. Meski kulit pisang berwarna kuning, tapi manfaat sebenarnya ada di bagian daging berwarna putih dengan rasa manis.

Pisang tinggi kalium yang merupakan salah satu elemen kunci dari diet jantung sehat. Dan bisa mencegah tulang kehilangan kalsium. Pisang serta ubi tua memiliki banyak serat dan potasium.

(Zul/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini