Sukses

Operasi Pengecilan Lambung Bisa Bikin Gen Tubuh Kaget

Kita semua tahu bahwa operasi penurunan berat badan dapat mengecilkan pinggang. Namun, sebuah studi baru menunjukkan hal itu dapat menyebabkan perubahan mengejutkan dalam gen Anda juga.

Kita semua tahu bahwa operasi penurunan berat badan dapat mengecilkan pinggang. Namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa hal itu dapat menyebabkan perubahan mengejutkan dalam gen Anda juga.

Menurut sebuah studi dalam jurnal Cell Press, orang yang menjalani operasi bypass lambung dan kehilangan berat badan, akan mengalami perubahan dalam ekspresi gen, yang mampu meningkatkan kemampuan tubuhnya untuk membakar lemak dan gula dengan benar, dan juga penurunan risiko diabetes.

"Jika Anda adalah orang yang berjuang dengan berat badan, kabar baiknya adalah bahwa jika Anda dapat menurunkan berat badan yang dapat memulihkan kesehatan metabolisme otot Anda," kata Juleen Zierath, seorang profesor di Institut Karolinska di Stockholm, Swedia, seperti dikutip FoxNews, Minggu (14/4/2013)

Studi ini menggali lebih dalam soal Epigenetika, modifikasi kimia yang dikenakan eksternal pada gen oleh gaya hidup atau pengaruh lingkungan, dari rangka otot delapan wanita gemuk yang dijadwalkan untuk menjalani operasi bypass lambung. Dan sebanyak 16 wanita dengan berat badan normal.

Penelitian ini berfokus khusus pada dua gen yang mengontrol metabolisme glukosa dan lemak, PGC-1 alpha dan PDK4. Peneliti menemukan DNA dari wanita gemuk yang mengandung penanda kimia yang mencegah gen dari fungsi normal.

"Kita bisa memetakan bahwa wanita obesitas memiliki ekspresi yang lebih rendah dari protein yang membakar lemak dan glukosa," kata Zierath.

Pada awal penelitian, setiap wanita gemuk memiliki indeks massa tubuh sekitar 40, dan beratnya antara 265-320 pound. Enam bulan kemudian, setelah operasi, ia memiliki masing-masing kehilangan sekitar 70 kilograms.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.