Sukses

Empat Keuntungan Olahraga di Luar Ruangan

Banyak orang ingin berolahraga tapi malas keluar lalu ambil jalan lain dengan pergi ke pusat kebugaran padahal, berolahraga di luar ruangan lebih banyak manfaatnya.

Banyak orang ingin berolahraga tapi malas keluar. Kemudian, mengambil jalan lain dengan pergi ke pusat kebugaran atau malah membeli peralatan olahraga sendiri. Padahal, berolahraga di luar ruangan (outdoor) lebih banyak manfaatnya.

Berikut adalah beberapa alasan kalau Anda harus berolahraga di luar seperti dikutip dari Women's Health, Kamis (4/3/2013).

1. Menghemat uang

Biaya untuk menjadi anggota di pusat kebugaran tidak murah dan bisa menguras rekening Anda. Membeli peralatan kebugaran untuk di rumah juga hanya membuang-buang uang. Karena belum tentu jadi kebutuhan utama.

Dengan berjalan atau berolahraga di luar ruangan, selain memotong pengeluaran untuk kebugaran bisa juga menghemat uang bensin atau ongkos ke luar.

2. Lebih bahagia

Direktur Orthopedic and Sports Rehabilitation di Beth Israel Medical Center di New York City Robert Gotlin, DO mengatakan, bernapas di udara segar bisa menciptakan perasaan euforia dari tubuh yang berasal dari hormon endorfin yang membuat diri merasa baik.

"Ini bukan tentang otot Anda yang merespons lebih baik, tapi mengenai pikiran yang kemudian membuat Anda ingin bekerja lebih keras." kata Gotlin.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan dalam Environmental Science and Technology, berolahraga di luar juga menciptakan perasaan yang lebih besar, meningkatkan gairah dan energi serta memunculkan pikiran positif dibanding bekerja di ruangan.

Terlebih lagi, 71 persen orang yang berjalan selama 30 menit di taman merasa kurang stres. Sementara 72 persen yang berjalan di dalam ruangan merasa lebih tertekan.


3. Melawan kuman

Banyak studi menunjukkan bahwa pusat kebugaran merupakan tempat berkembang biaknya kuman dan bakteri. MRSA adalah bakteri super paling berbahaya yang bisa ditangkap di pusat kebugaran Anda. MRSA melawan antibiotik terbesar dan bisa menyebabkan demam, ruam, luka, dan nyeri dada.

Menurut National Athletic Trainers Association, bahaya itu bisa dihindari dengan sering mencuci tangan, mengganti kaus kaki setiap hari, memakai bedak di kaki, mengelap peralatan sebelum dan setelah digunakan, serta memakai sendal jepit ke kamar mandi. Bisa juga dengan berolahraga di luar

Environmental Protection Agency berpendapat, udara di dalam ruangan bisa dua sampai lima kali lebih terpolusi dibanding udara luar. Jika pernah ke pusat kebugaran dan mencium bau, Anda pasti tahu apa yang terjadi.


4. Membuat pikiran lebih jelas

Jo Barton, Ph.D., penulis utama dari studi 2011, mengatakan, "Kedekatan dengan alam bisa membuat kita menjadi lebih baik. Karena memiliki efek imunisasi yang melindungi kita dari stres nantinya dan membantu berkonsentrasi sehingga bisa berpikir jernih". (Zul/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini