Sukses

Mengapa Herpes Bikin Daya Ingat Turun?

Lenyapnya memori bisa terjadi akibat penyakit herpes simpleks tipe 1 yang juga menyebabkan demam pada penderitanya.

Lenyapnya memori bisa terjadi akibat penyakit herpes simpleks tipe 1 yang juga menyebabkan demam pada penderitanya. Meski penelitian terhadap hal ini belum tuntas benar, kita mungkin perlu paham kenapa hal ini bisa terjadi

Ahli saraf dari Columbia University Neurological Institute Amerika Serikat Mira Katan MD menjelaskan kenapa herpes bisa menyebabab kehilangan memori seperti dilansir Menshealth, Senin (1/4/2013), yaitu:

1.  Rendah konsumsi vitamin B12

Sebuah studi di Rush University sebelumnya  menemukan bahwa kekurangan vitamin B12 dikaitkan dengan kemampuan kognitif yang menurun selama 6 tahun. Para ilmuwan mengusulkan kalau kurangnya B12 akan memungkinkan asam amino yang berbahaya untuk membangun suatu jaringan di arteri aliran darah sehingga menyebabkan kerusakan sistem dan mengurangi aliran darah ke otak.

Cara mengatasi: konsumsi telur, daging sapi, susu, dan makanan laut adalah sumber yang baik dari vitamin B12. Periksa multivitamin harian Anda. Cek kandungan vitamin B12 pada label seperti yang disarankan regulasi kesehatan setiap hari yang mengandung vitamin B12 3,2 mikrogram.


2. Tekanan

Hidup dalam tekanan dapat menyebabkan masalah jangka panjang pada memori Anda. Sebuah studi menemukan bahwa stres yang tinggi terhadap pekerjaan, dapat meningkatkan risiko demensia (pikun) sebanyak 35 persen. Namun para peneliti menemukan bahwa orang dengan dukungan sosial yang baik akan menurunkan tingkat stres kerja sebesar 20 persen.

Cara mengatasi: bergaul dan perbanyak teman, lakukan aktivitas rileksasi seperti yoga, pijat atau meditasi. (Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.