Sukses

Cegah Kantuk Saat Nyetir, Makanlah Paprika!

Banyak cara dapat dilakukan untuk mengurangi kantuk di jalanan saat menyetir. Contohlah polisi Cina yang menggunakan paprika untuk cegah kantuk

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di jalan raya akibat mengantuk. Salah satunya seperti yang dilakukan para petugas lalu lintas di Chonqing, Cina.

Para polisi ini membagi-bagikan paprika di pusat pelayanan lalu lintas untuk menghilangkan kantuk dan menghentikan kebiasaan tertidur para sopir. Ini dilakukan karena di Cina marak sekali kecelakaan lalu lintas akibat sopir mengantuk atau mengonsumsi minuman keras.

Pihak kepolisian mengatakan bahwa langkah yang ia kerjakan terinspirasi dari dua pembalap dari Hunan yang mengantuk dan memilih untuk menepi serta mengonsumsi paprika yang diberi pelatih.

Kebiasaan unik dilakukan pihak kepolisian pada saat musim semi. Karena musim semi merupakan saat yang membuat orang lebih gampang mengantuk. "Karena perubahan, sopir lebih bosan dan mudah mengantuk, terutama di sore hari. Dan kecelakaan tampaknya meningkat," kata Yuan Qinglai, seperti dilansir Guardian.co.uk , Jumat (22/3/2013)

Sebelumnya, pihaknya telah menyediakan balsam berbau mentol, air dingin, dan tempat bagi si supir untuk tidur. Sayangnya, beberapa sopir mengeluh balsem ini tidak cukup efektif.

Yaun mengatakan paprika bekerja maksimal, bagus dan yang terpenting sangat murah dan mudah didapat. Paprika merupakan unsur penting dalam masakan yang digunakan di berbaagai, juga dikenal karena rasa pedasnya. 

Menurut Xinhua, sekitar 73.500 orang tewas dalam kecelakaan pada 2008. Sekitar 10 persen lebih rendah dibandingkan 2007. Sementara sebanyak 300.000 terluka. (Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini