Sukses

Rendam Teh Celup Lebih 3 Detik Rusak Manfaatnya

Kalau Anda gemar menyeduh teh celup lebih dari 3 detik, sebaiknya jangan lakukan hal itu lagi karena langkah itu salah

Teh celup memang memudahkan manusia zaman sekarang untuk menikmati minuman segar ini. Namun, rupanya ada hal yang perlu Anda ketahui perihal lama celupan itu.

Ahli gizi dr. Samuel Oetoro, Sp. GK, tidak menyarankan Anda merendam teh celup lebih dari 3 detik. Ini karena banyak manfaat di dalam teh terbuang.

"Kalau minum teh celup, harus dicelup tidak lebih dari 3 detik. Bungkus teh mengandung klorain yang dapat merusak manfaat teh itu sendiri," jelas Samuel, Kamis (21/3/2013).

Kekeliruan selanjutnya adalah kecenderungan menggunakan air panas atau mendidih saat menyeduh teh. Menurut Samuel, langkah itu keliru.
 
"Kalau buat teh jangan dengan air mendidih. Itu benar-benar keliru. Seduhlah dengan air yang tidak lebih dari 70 derajat celcius. Dan ingat, minumnya pelan-pelan. Jangan menunggu sampai dingin," tambahnya.

Satu lagi kesalahan yang sering dilakukan masyarakat adalah minum teh setelah makan. Menurut Samuel konsumsi teh setelah makan menyebabkan zat-zat penting dari makanan yang kita asup akan terbuang begitu saja.

"Mau minum teh apa saja setelah makan itu salah besar. Terlebih lagi es teh manis. Itu sudah sangat salah, benar-benar salah," tambah dokter yang berpraktik di MRCCC Siloam Semanggi, Jakarta.  (Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini