Sukses

Makan Sushi Dan Lihat Warna Pink Bisa Hilangkan Bad Mood

Makanan Jepang yang banyak disenangi orang ini bukan hanya baik bagi kesehatan bahkan profesor psikologi juga menyatakan kalau warna pink dan sushi juga terbukti bisa mengurangi depresi yang menyebabkan bad mood.

Makanan Jepang yang banyak disenangi orang ini bukan hanya baik bagi kesehatan. Bahkan profesor psikologi juga menyatakan kalau warna pink (merah jambu) dan sushi juga terbukti bisa mengurangi depresi yang menyebabkan bad mood.

Untuk itu bagi Anda yang tidak menyukai ikan, mungkin Anda akan sedikit iri karena seperti dikutip dari Refinery29, Rabu (13/3/2013) beberapa studi menunjukkan kalau omega-3 asam lemak yang ditemukan dalam ikan seperti salmon,  udang, dan tuna dapat membantu menurunkan depresi dan bad mood.

Dalam sebuah studi bahkan ditemukan kalau mengonsumsi ikan dua kali seminggu bisa menurunkan risiko depresi dan bunuh diri.

Sementara studi lainnya menunjukkan kalau orang-orang yang didiagnosis dengan gangguan bipolar (gangguan peruabahan mood yang ekstrim), kemudian diet dengan mengonsumsi omega-3 bisa memiliki suasana hati yang lebih baik setelah empat bulan. 

"Sushi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan suasana hati Anda, tapi bukan berarti Anda harus makan ikan mentah untuk mendapatkan efek ini," kata Susan Krauss Whitbourne, PhD,  profesor psikologi di University of Massachusetts Amherst.

Susan juga menjelaskan kalau ikan dapat  membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik sehingga bisa membuat Anda merasa lebih baik secara keseluruhan dalam jangka panjang.

"Perhatikan jenis-jenis  ikan berlemak yang cenderung bisa meningkatkan suasana hati seperti salmon yang kaya omega-3. Benci ikan? suplemen minyak ikan juga bisa digunakan sebagai gantinya karena memiliki efek yang sama," tambah Susan.

Selain sushi, Susan juga menyebutkan beberapa hal yang bisa membantu Anda menghilangkan bad mood seperti melihat sesuatu yang berwarna pink.

"Pada awal 90-an, para peneliti melihat efek dari warna mawar segar terhadap kekerasan, ketika itu tembok tahanan di penjara dicat warna pink. Dan hasil penelitian menunjukkan kalau tahanan bisa menenangkan sikap agresif dan kecemasannya,"ujar Susan.

Susan menambahkan para penulis penelitian percaya kalau rona pink bisa menyebabkan otot-otot jantung untuk bersantai dan membuat Anda merasa lebih tenang.

"Setiap warna cerah adalah cara yang bagus mencerahkan suasana hati Anda. Jadi mengapa tidak mencoba untuk menggabungkan warna bahagia dalam hidup Anda," lanjut Susan. (Fit/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.