Sukses

Pilih Parfum Sesuai Kulit Anda

Parfum merupakan wewangian yang digunakan setiap orang agar bau badannya tetap segar. Parfum bisa disemprotkan pada pakaian atau kulit. Namun, tidak semua jenis parfum cocok untuk kulit.

Parfum merupakan wewangian yang digunakan setiap orang agar bau badannya tetap segar. Parfum bisa disemprotkan pada pakaian atau kulit. Namun, tidak semua jenis parfum cocok untuk kulit. Salah pilih bisa menyebabkan kulit Anda iritasi. Karena itu, pilihlah parfum yang sesuai dengan tipe kulit Anda.

Supaya tidak berbahaya dan wanginya bisa tahan lama. 

Setiap orang memiliki tipe kulit berbeda, ada yang kering, berminyak, serta sensitif. Parfum seperti apa yang kira-kira cocok dengan kulit Anda? Berikut cara memilih parfum sesuai dengan tipe kulit Anda, yang dikutip dari Askmen, Senin (11/3/2013).

Kulit berminyak

Minyak alami di lapisan kulit paling luar membuat kimiawi pada tubuh lebih aktif. Minyak berlebih pada permukaan kulit akan berinteraksi dengan parfum. Sehingga membuat aroma jadi lebih kuat dan tahan lama. Di sisi lain, minyak berlebih pada kulit bisa berinteraksi dengan parfum untuk menghasilkan aroma yang tidak sedap.

Untuk mencegah hal itu, pakailah sedikit parfum dalam sehari. Pilih yang wanginya ringan dan yang kurang mengandung bau rusa dan bumi (musk and earth). Pilih yang lebih beraroma jeruk atau bunga-bunga. Parfum yang dikembangkan untuk musim panas merupakan yang paling baik digunakan untuk pria dengan kulit berminyak.

Kulit kering

Kulit kering membuat parfum menghilang lebih cepat sehingga harus beberapa kali memakainya. Namun, seringnya penggunaan berulang bisa meningkatkan risiko kulit jadi lebih kering. Sehingga kulit jadi rusak dan sensitif.

Karena itu, orang yang kulitnya kering harus memilih parfum musim dingin. Aromanya lebih kuat dan diformulasikan agar lebih tahan lama dalam kondisi yang kering dan dingin. Hal itu, bisa mengurangi intensitas penggunaan parfum secara berulang.

Kulit sensitif

Bahaya terbesar bagi pria berkulit sensitif adalah jika menggunakan parfum yang kuat atau produk kulit yang keras. Apabila kulit Anda rentan terhadap jerawat dan bintik-bintik merah, tahanlah diri untuk tidak menggunakan parfum bersamaan dengan aftershave balms (balsem bercukur) dan body sprays (semprotan tubuh). Karena potensi untuk terjadinya alergi sangat besar.

Pada saat Anda membeli parfum untuk kulit sensitif, belilah dengan aturan yang sama untuk kulit kering. Tapi parfum tersebut harus bebas dari wewangian sintesis. Terutama pada sebagian parfum dengan sedikit label kesehatan alami. (Zul/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.