Sukses

Menulis Bantu Selesaikan Masalah dalam Pernikahan

Jika Anda memiliki masalah bersama pasangan, Anda dapat menuliskan apa yang ada di pikiran Anda dan merenungkan apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Anda ingin memperkuat hubungan bersama pasangan? Menurut sebuah studi the journal Psychological Science, jika Anda memiliki masalah bersama pasangan, Anda dapat menuliskan apa yang ada di pikiran dan merenungkan apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Para peneliti melakukan survei terhadap 120 pasangan yang telah menikah selama 2 tahun beserta argumen yang pernah terjadi di antara keduanya.

Pada tahun kedua, setengah dari partisipan diminta untuk menyelesaikan satu sampai tiga tulisan selama 7 menit tentang masalah yang terjadi tiap 4 bulan.

Hasilnya, pada tahun pertama, kelompok tersebut mengalami penurunan kualitas di dalam pernikahannya. Namun, di tahun kedua pasangan yang mengambil bagian dalam intervensi menulis melihat adanya penurunan kepuasan dalam pernikahannya.

Pemimpin studi, Eli Finkel, Ph.D yang juga seorang professor of psychology di Northwestern University, mengatakan "Berkaca pada argumen keduanya, tidak mengurangi frekuensi atau parahnya konflik pasangan. Tapi, itu akan membuat pasangan lebih sediki gangguan tentang konflik tersebut".

"Mengapa menulis dapat membantu dalam hal ini? Anggap saja itu perawatan dalam hubungannya. Untuk menjaga hubungan semakin berkembang, Anda perlu memastikan bahwa itu sehat," kata relationship counselor, Karen Sherman, Ph. D, seperti dikutip news.menshealth , Selasa (26/2/2013)

Untuk mengurai masalah yang terjadi pada Anda, tambah Karen tidak semua bisa diselesaikan dengan hanya menulis. Anda juga dapat mencoba cara lain, misalnya makan malam romantis berdua. Itu juga dapat memperbaiki kualitas hubungan Anda berdua.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini