Sukses

Merawat Anak Itu Harus Percaya Diri

Banyak orangtua sekarang ini mencari informasi tentang berbagai gaya pengasuhan dan bagaimana cara membesarkan anak-anaknya, baik dari orang lain mau pun dari internet.

Banyak orangtua sekarang ini mencari informasi tentang berbagai gaya pengasuhan dan bagaimana cara membesarkan anak-anaknya, baik dari orang lain mau pun dari internet.

Dari sekian banyak informasi yang Anda terima, beberapa diantaranya yang membuat Anda gelisah dan memilih banyak cara untuk membesarkan anak-anaknya.

Seperti dikutip Times of India, Kamis (31/1/2013) ada beberapa cara orangtua membesarkan bayinya dengan rasa senang terlepas dari gaya pengasuhan yang bagaimana yang Anda pilih:

1. Anda tak perlu menetapkan pola asuh Anda

Membesarkan anak adalah tugas yang menantang dan tidak bisa habis hanya dengan mengikuti pola yang ada di buku panduan.

Anda tidak harus mengikuti gaya pengasuhan tertentu untuk membuat anak Anda tumbuh dengan baik. Diskusikan dengan pasangan Anda dan putuskan satu kesepakatan tentang bagaimana Anda ingin membesarkan anak Anda.

Anda dan pasangan wajib saling mendukung dalam menentukan gaya pengasuhan anak dan tidak saling menentang satu sama lain.

2. Pilihlah saran dengan cermat

Pasti Anda akan menemukan banyak orang yang akan memberikan Anda banyak nasihat tentang mana yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan dalam membesarkan anak.

Tapi, karena Anda adalah orang yang sudah melahirkan anak Anda tersebut, Anda juga memiliki hak penuh untuk menentukan saran yang benar-benar Anda butuhkan untuk memilih mana yang ambil dan mana yang harus Anda abaikan.

Tidak ada yang bisa memaksa Anda untuk mengikuti aturan-aturan tertentu, bahkan dokter atau orang tua Anda.

Keduanya mungkin dapat menawarkan beberapa tips yang baik karena keduanya jauh lebih berpengalaman dari pada Anda. Jika menurut Anda baik, ambillah. Jika menurut Anda itu tidak baik, lebih jangan pernah Anda ambil.

Mengasuh anak memang butuh kerja keras. Terkadang Anda mungkin memerlukan uluran tangan.

3. Percaya insting keibuan Anda

Percaya pada naluri Anda dan lakukan apa yang Anda rasa tepat untuk Anda dan anak Anda.

Bahkan jika Anda tidak yakin 100 persen terhadap keputusan Anda, berilah keuntungan diri dari rasa ragu tersebut. Selama Anda melakukan apa yang terbaik untuk anak Anda, lakukanlah hal tersebut dengan benar.

4. Cinta dan rasa peduli adalah penting

Berikan cinta tanpa syarat dan melakukan perawatan terbaik untuk anak Anda. Secara bersamaan, tanamkan kebiasan baik dalam dirinya.

Luangkan waktu yang berkualitas dengan anak Anda karena ini adalah apa yang Anda hargai tentang kehidupan Anda. Bahkan jika Anda seorang ibu pekerja, mencoba dan membuat waktu secara maksimal untuk anak Anda.

Ingatlah, bayi Anda merupakan prioritas pertama Anda. (Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini