Sukses

Cokelat Panas Lebih Bagus Diseduh dalam Cangkir Oranye

Seorang peneliti dari Universitas Politeknik Valencia di Spanyol mengatakan kalau rasa cokelat yang disajikan dalam cangkir berwarna oranye atau krem lebih baik untuk dicicipi.

Sebuah studi yang diadakan di London dan Spanyol baru-baru ini menemukan kalau cokelat panas lebih baik disajikan dalam cangkir berwarna oranye.

Menurut para peneliti dari Universitas Politeknik Valencia dan University of Oxford, indera manusia merasakan makanan dengan cara yang berbeda tergantung pada karakteristik kontainer dari yang kita makan dan minum. Seperti dilansir Zeenews, Sabtu (5/1/2013).

Seorang peneliti dari Universitas Politeknik Valencia di Spanyol, Betina Piqueras Fiszman mengatakan kalau rasa cokelat yang disajikan dalam cangkir berwarna oranye atau krem lebih baik untuk dicicipi.

"Warna wadah di mana makanan dan minuman yang disajikan dapat meningkatkan rasa dan aroma," katanya.

Peneliti Fiszman dan Charles Spence dari Universitas Oxford, melakukan eksperimen di mana 57 peserta harus mengevaluasi sampel cokelat panas yang disajikan dalam empat jenis gelas plastik. Cangkir itu berukuran sama tetapi berbeda warna: putih, krem, merah dan oranye dengan putih di dalamnya.

" Tidak ada aturan tertentu yang menyebutkan kalau warna gelas bisa menambah aroma dan rasa tapi kenyataannya, lebih banyak peserta memberikan perhatiannya ke wadah berwarna," jelasnya.

Hasil penelitian ini juga relevan bagi para ilmuwan yang tertarik untuk memahami bagaimana otak mengintegrasikan informasi visual tidak hanya dari makanan itu sendiri melainkan dari wadah atau bungkus dan kemasannya.

Selain mendorong para ilmuwan untuk mengembangkan penelitian ini, koki, katering profesional dan bahkan industri kemasan harus berpikir lebih lanjut untuk memberikan warna wadah dan kemasan dalam makanan yang sesuai.

"Ini adalah eksperimen untuk memahami bagaimana wadah mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk," kata para peneliti.

Sebelumnya ada penelitian yang menunjukkan kalau stroberi lebih manis disajikan dalam piring putih dibandingkan piring hitam. Dan untuk kopi, kemasan warna coklat dirasa lebih menarik karena berhubungan dengan rasa dan aroma yang kuat. Dibandingkan kemasan merah, menunjukkan sensasi dan kuning menunjukkan kelembutan.

Studi ini dipublikasikan di Journal of Studies Sensory (FIT/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.