Sukses

6 Cara Mengurangi Perut Kembung

Kita semua sebenarnya mempunyai gas di perut tapi beberapa melebihi dibanding yang lain. Gejala gas biasanya ditandai dengan kembung, bersendawa, perut sakit, dan kentut. Enam cara ini bisa mengurangi masalah di perut Anda.

Masalah lambung banyak diderita kebanyakan orang. Makanan biasanya yang membuat masalah pada lambung karena bisa memicu gas.

Kita semua sebenarnya mempunyai gas di perut tapi beberapa melebihi dibanding yang lain. Gejala gas biasanya ditandai dengan kembung, bersendawa, perut sakit, dan kentut.

Seseorang sangat penting mengetahui alasan di balik masalah lambung. Misalnya dari makanan, minuman, atau kurang olahraga yang bisa menyebabkan masalah di lambungnya.

Berikut sejumlah cara untuk mengurangi gas di perut seperti dikutip dari Boldsky, Selasa (4/12/2012):

1. Gigitan kecil


Sangat penting menggigit makanan menjadi kecil-kecil dan pastikan Anda mengunyahnya perlahan-lahan.

Menelan gigitan yang lebih besar memungkinkan udara masuk ke dalam sistem pencernaan sehingga menyebabkan gas. Apalagi, jika Anda mengunyah makanan Anda dengan benar, maka pencernaan menjadi lebih mudah karena air liur memecah partikel makanan dan melembutkan itu.

Enzim Alpha Amilase dan Enzim Lipase Lingual dalam air liur membantu memecah karbohidrat dan lemak dalam makanan.

2. Hindari soda dan jus

Kita sering berpikir soda bisa membantu mengeluarkan gas perut dan mengurangi rasa sakit. Namun, minuman berkarbonasi menyebabkan masalah lambung.

Gelembung dalam minuman berkarbonasi dan gula dalam jus buah dapat menyebabkan gas. Itulah sebabnya, setelah soda atau jus buah, Anda merasa kembung.

3. Jangan mengunyah permen karet

Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi gas perut. Menelan udara menyebabkan gas dan juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Jadi, sambil makan permen karet atau makan besar, udara yang tidak diinginkanmasuk ke dalam tubuh melalui mulut sehingga menyebabkan masalah lambung.

4. Berjalan menyusuri jalan


Setelah makan berat atau ringan, cobalah berjalan-jalan kecil. Ini akan membantu Anda meningkatkan sistem pencernaan dan membantu memecah partikel makanan keras di perut.

Hal ini juga membantu menurunkan berat badan. Jadi, berjalanlah beberapa saat setelah makan Anda.

5. Berhenti merokok

Ini merupakan salah satu efek samping dari nikotin yang tidak diketahui banyak perokok. Merokok tidak hanya menyebabkan dehidrasi, tetapi juga menyebabkan gas. Untuk mengurangi masalah kesehatan, berhentilah merokok.

6. Go herbal

Ada banyak herbal dan rempah-rempah seperti cengkeh, adas bintang, biji adas,  dan beberapa jenis lainnya yang dapat membantu mengurangi gas dalam perut. Campur dengan air panas untuk mengurangi gas perut dan nyeri.

Terlepas dari cara di atas, minum 8-10 gelas air sehari-hari. Air membantu mengambil gas dari perut dan juga mengisi kesenjangan dalam perut.(MEL/IGW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.