Sukses

Tempat yang Jadi Sarang Kuman saat Travelling

Bepergian (travelling) sama saja dengan bermandikan bakteri sepanjang hari. Mulai dari toilet pesawat hingga kursi bus, dan segala sesuatu yang Anda sentuh telah disentuh orang lain sebelumnya dan bisa mengandung banyak bakteri.

Liputan6.com, Sydney: Bepergian (travelling) sama saja dengan bermandikan bakteri sepanjang hari. Mulai dari toilet pesawat hingga kursi bus, dan segala sesuatu yang Anda sentuh telah disentuh orang lain sebelumnya dan bisa mengandung banyak bakteri.

Hal tersebut berdasarkan informasi dari penulis Lonely Planet, Leif Pettersen seperti dikutip lamannews.com.au Selasa (30/10).

Ketika Anda melakukan perjalanan, penyebaran kuman tumbuh lebih besar. Berikut beberapa tempat yang paling kotor yang Anda sentuh saat bepergian:

1. Toilet pesawat

Posisi teratas yang menjadi tempat terkotor diduduki toilet pesawat. Mereka dengan cepat menjadi peternakan kuman, dengan wadah wastafel dan toilet yang letaknya saling berdekatan. Kondisi yang lembab semakin sempurna untuk berkembangnya bakteri.

2. Uang

Bakteri Staphylococcus bisa ditemui pada uang di seluruh dunia. Di Amerika Serikat saja sangat buruk. Tes yang dilakukan Komisi Kesehatan New York menemukan 135.000 bakteri di uang yang kotor. Tombol ATM juga kotor.

Hal ini didukung dalam studi 2010 oleh University of Ballarat yang menemukan dolar terbersih di AS menjadi tempat tinggal 20 bakteri, sementara yang terkotor dihinggapi 250 ribu bakteri. Namun di Australia, Selandia Baru, dan Meksiko berbeda dari yang lain karena terbuat dari materi polimer atau plasticlike.

Secara umum, uang kertas dari polymer sedikit ditempati kuman, hanya 10 kuman per sentimeter perseginya.

3. Transportasi umum

Sistem transportasi kebanyakan menjadi sarang kuman. Ribuan orang menyentuh permukaan kereta dan bus setiap harinya. Sementara tempat yang tersentuh tangan yang paling kotor adalah kursi.

4. Keyboard Komputer

Lain kali Anda yang menggunakan komputer di kafe atau hotel, berpikirlah dua kali. Rata-rata pada meja bersama bisa memiliki bakteri hingga lebih dari 400 bakteri dibandingkan toilet. Kenapa? Keyboard jarang dibersihkan.

5. Orang lain

Manusia adalah penyebab masalah. Sebuah studi baru-baru ini di New York menunjukkan bahwa hanya 49 persn orang yang mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini