Sukses

Bayi Lahir dengan Jantung di Luar Tubuh

Sebelumnya, kasus serupa juga pernah terjadi setahun silam. Namun bayi yang berkelainan jantung itu cuma bisa bertahan 10 hari.

Liputan6.com, Surabaya: Seorang bayi perempuan, buah hati pasangan Isa Nadi dan Nurhayati, terpaksa dirujuk dari Puskesmas Ploso ke RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, baru-baru ini. Bayi tersebut dilahirkan dalam kondisi tidak sempurna, jantungnya berada di luar tubuh.

Menurut Nurhayati, bayinya baru berusia dua pekan. Dia sama sekali tak merasakan ganjalan selama mengandung dan melahirkan sang buah hati. Nurhayati baru terkejut begitu melihat kondisi bayi yang proses kelahirannya dibantu bidan Puskesmas.

Ketua Tim Dokter Anak RSUD Soetomo dokter Agus Harijanto Spa mengatakan, ada lima dokter spesialis yang akan menangani kelainan pada anak Nurhayati. Dia berharap bisa melakukan yang terbaik agar bayi tetap bisa bertahan hidup.

Sebelumnya, kasus serupa juga pernah terjadi setahun silam. Namun bayi yang berkelainan jantung itu cuma bisa bertahan 10 hari. Sang bayi meninggal saat dalam penanganan tim dokter.

Menurut Agus, rencananya tim dokter akan melakukan tindakan secepatnya pada Senin besok untuk menjalani operasi pertama. Tim dokter akan menutup jantung yang berada di luar tubuh bayi dengan menggunakan kulit sapi. Hal ini agar tidak terinveksi dan dapat hidup lama sehingga dapat operasi ke tahap berikutnya.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini