Sukses

Puasa Seharian Penuh, Ini Keajaiban yang Akan Terjadi pada Tubuh

Anda pasti pernah berpuasa. Kegiatan yang merupakan ajaran dari beberapa agama ini ternyata membawa dampak bagi tubuh bila Anda melakukannya seharian penuh.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah menjalani puasa. Beberapa agama bahkan mengajarkan puasa dengan tidak mengonsumsi makanan selama beberapa waktu. Namun ternyata, puasa dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Dilansir dari Boldsky, Jumat (23/3/2018), Manfaat puasa dapat Anda rasakan dari delapan jam pertama hingga 24 jam. Selain itu, puasa dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak. Bagaimana itu bisa terjadi? Berikut ulasannya.

1. Puasa pada delapan jam pertama

Delapan jam pertama merupakan periode yang mudah saat Anda menjalani puasa. Hal ini karena tubuh Anda masih dapat mencerna makanan terakhir yang masuk, sehingga Anda belum akan merasa lapar.

Selain itu, Anda pun akan memiliki kadar gula darah dalam jumlah yang pas.

2. Puasa setelah delapan jam

Setelah delapan jam, Anda mulai akan merasa lapar. Jika belum pernah atau jarang melakukan puasa, tubuh akan secara otomatis mengingatkan Anda untuk makan.

Namun demikian, jika tidak makan setelah 8 jam, tubuh Anda akan mulai membakar lemak yang tersimpan. Hal inilah yang menyebabkan puasa menjadi salah satu taktik menurunkan berat badan bagi mereka yang tidak suka melakukan diet rutin setiap hari.

Selain itu, melakukan puasa sekali atau dua kali sehari dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat puasa untuk kesehatan jantung dan otak

Tidak hanya berperan menurunkan berat badan, puasa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Bagi jantung, puasa berperan dalam mengurangi kadar N-oksida trimetilamin dalam darah, sehingga Anda akan terhindar dari penyakit jantung koroner.

Selain itu, puasa berperan dalam mendetoksifikasi tubuh dan mengurangi tingkat radikal bebas yang bersirkulasi dalam darah Anda. Oleh sebab itu, Anda dapat berpuasa selama 24 jam agar terhindar dari penyakit alzheimer dan parkinson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.