Sukses

Mengapa Rambut Kita Berubah Jadi Abu-abu?

Para peneliti di NYU Langone Medical Center berhasil menemukan Wnt signaling, yakni sesuatu yang banyak digunakan dalam proses biologi,--antara folikel rambut dan sel-sel induk melanosit.

Liputan6.com, Washington: Saat beranjak tua, rambut kita pun tak bisa dipungkiri akan berubah menjadi abu-abu, bahkan condong ke putih. Untuk pertama kalinya, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan rahasia mengapa rambut kita berubah menjadi abu-abu atau keputihan?

Para peneliti di NYU Langone Medical Center berhasil menemukan Wnt signaling, yakni sesuatu yang banyak digunakan dalam proses biologi--antara folikel rambut dan sel-sel induk melanosit. Proses tersebut diyakini bisa mengubah pigmentasi rambut.

"Kita sudah mengetahui selama beberapa dekade bahwa sel induk folikel rambut dan sel pigmen yang memproduksi melanocycte berkolaborasi untuk menghasilkan rambut yang berwarna. Tetapi alasan yang mendasari masih belum diketahui," kata Mayumi Ito, asisten profesor di Ronald O. Pereleman Departemen Dermatology di NYU Langone, yang memimpin studi tersebut.

"Kami menemukan Wnt signaling penting untuk proses yang menghubungkan dari dua garis keturunan sel induk dan bersifat kritis untuk pigmentasi rambut," tambah Ito. Kurangnya aktivasi Wnt dalam sel batang melanosit menyebabkan rambut menjadi depigmen atau berwarna abu-abu. Penelitian ini juga dipublikasikan pada jurnal Cell.(Zeenews/JAY/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini