Sukses

Berat Badan Awas Naik, Hindari 9 Kebiasaan Usai Makan Malam Ini

Terlalui banyak makan hingga tak makan malam bisa bikin berat badan Anda melonjak.

Liputan6.com, Jakarta Punya berat badan tidak ideal memang kerap membawa masalah bagi tubuh. Banyak faktor yang mempengaruhi berat badan Anda melonjak, mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga kebiasaan yang dilakukan.

Dilansir dari Step to Health, Jumat (9/3/2018), kebiasaan yang tidak tepat di malam hari menjadi salah satu penyebab utama kenaikan berat badan. Berikut adalah sembilan kebiasaan di malam hari yang sebaiknya dihindari jika tidak ingin punya berat badan melebihi batas.

1. Tidur tak cukup

Kualitas tidur ternyata menjadi salah satu faktor penyebab berat badan melonjak. Hal ini karena kurang tidur dapat memperlambat metabolisme. Akibatnya, Anda menjadi mudah merasa lapar. Selain itu, kurang tidur dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh Anda. Hal ini membuat Anda tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Alhasil, berat badan pun akan terus meningkat.

2. Terlalu banyak makan malam

Jika Anda beranggapan makan malam banyak dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak, hal itu salah besar. Makan malam yang terlalu berat justru akan membuat Anda kesulitan mencapai kualitas tidur yang baik. Hal ini karena ketika malam hari tubuh menjadi lebih lambat dalam mencerna makanan. Jika tidak dikurangi, makan malam dapat membuat berat badan meningkat, dan bisa berbahaya bagi kesehatan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berat Badan Gampang Naik Kalau Langsung Tidur

3. Langsung tidur setelah makan malam

Kesalahan terbesar yang umumnya dilakukan yaitu langsung tidur setelah makan malam. Hal ini menyebabkan akumulasi lemak di dalam tubuh dan pencernaan pun tidak berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, agar berat badan tetap stabil, sebaiknya Anda menikmati makan malam satu setengah jam sebelum tidur.

4. Sering menikmati makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng merupakan musuh terbesar bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan. Jenis makanan tersebut dipenuhi dengan banyak kalori yang sulit untuk dibakar, sehingga berat badan pun meningkat.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng pun membuat Anda sulit tidur. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang dipanggang atau dikukus.

5. Mengonsumsi makanan pedas

Selain makanan yang digoreng, sebaiknya hindari makanan pedas pada malam hari. Hal ini karena makanan pedas dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, sehingga Anda pun akan sulit untuk tidur.

Sebenarnya, makanan pedas baik dikonsumsi karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan pedas di malam hari.

 

3 dari 4 halaman

Menikmati Sereal Berat Badan Mudah Naik Juga

6. Menikmati sereal

Saat menganggap semangkuk sereal dan susu menjadi salah satu makanan pengganjal yang sehat, sebaiknya ubah pikiran Anda. Hal ini karena sereal merupakan sumber karbohidrat yang akan sulit dicerna saat malam hari.

Selain itu, jenis makanan ini mengandung banyak gula halus, yang akan berubah menjadi lemak ketika tidak dicerna dengan baik. Oleh sebab itu, sebaiknya ganti menu makan malam Anda dengan buah, salad atau protein tanpa lemak dalam jumlah yang sesuai.

7. Menikmati makanan pencuci mulut

Sekalipun mengandung gula murni, sebaiknya hindari makanan pencuci mulut di malam hari. hal ini karena makanan jenis ini mengandung banyak kalori yang akan sulit untuk dibakar, jika Anda mengonsuminya saat malam hari.

Oleh sebab itu, jika memang Anda terbiasa mengonsumi makanan manis di malam hari, sebaiknya ambil sepotong buah dengan porsi yang cukup.

 

4 dari 4 halaman

Camilan, Berat Badan pun Naik

8. Menikmati camilan setelah makan malam

Meski sudah makan malam, bukan berarti Anda tidak akan merasa lapar kembali. Kecenderungannya adalah Anda akan mengambil camilan dan menikmatinya. Padahal, kebiasaan ini akan memasukkan kalori yang tidak diperlukan dalam tubuh.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari makanan ringan seperti roti, kue kering, dan makanan manis lainnya setelah makan malam. Jika memang Anda benar-benar merasa lapar, pilihlah makanan yang lebih ringan dan sehat yaitu mengandung kurang dari 200 kalori.

9. Tidak makan malam

Meski banyak yang mengatakan makan malam dapat membuat berat badan meningkat, bukan berarti Anda tidak melakukannya. Hal ini karena metabolisme dalam tubuh akan terus berjalan meski kerjanya melambat. Akibatnya, Anda akan menjadi lapar dan menikmati makan malam yang banyak keesokan harinya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda dapat menikmati makan malam secukupnya, tanpa harus menghindarinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini