Sukses

Sering Gatal Saat Olahraga, Apa Penyebabnya?

Bagi beberapa orang, sensasi gatal bisa muncul saat olahraga, apa yang menyebabkan kondisi itu muncul?

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin menyadari bahwa tubuh terasa gatal saat olahraga. Ketika beraktivitas fisik, kulit akan terus mengeluarkan keringat karena panas tubuh. Beberapa orang mengalami iritasi kulit saat kulit mulai memanas.

Perubahan ini membuat sensasi gatal dan terbakar saat berolahraga. Meskipun hal ini tidak menyenangkan, pada umumnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Dilansir dari Verywell Fit, Senin (19/2/2018), ada beberapa penyebab muncul rasa gatal saat olahraga.

Kulit kering, cuaca kering, dan kelembaban rendah

Ketiga faktor di atas adalah penyebab paling umum yang mungkin membuat Anda terasa gatal saat berolahraga. Kelembaban rendah akan memunculkan iritasi kuli.

Untuk mengobati ini, cukup gunakan pelembab sebelum olahraga. Anda bisa mengoleskan pelembab kulit secara teratur setiap hari.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelepasan histamin

Temuan terbaru penyebab gatal saat berolahraga berkaitan dengan pelepasan histamin (protein yang menyebabkan semua gejala yang ada pada saat mengalami alergi).

Pelepasan ini menyebabkan pembuluh darah membesar atau terbuka.

Bagi beberapa orang, pelebaran pembuluh darah ini bisa memunculkan iritasi gatal oleh sistem saraf. Iritasi gatal karena pelepasan histamin dapat berkurang saat Anda mulai berolahraga secara teratur.

3 dari 3 halaman

Alergi makanan atau obat tertentu

Penyebab gatal olahraga lainnya dapat mencakup reaksi antara olahraga dan beberapa alergi makanan atau obat tertentu.

Antibiotik, beberapa jenis obat nyeri, dan diuretik telah diketahui menyebabkan gatal saat olahraga bagi sebagian orang.

Jika Anda mengalami hal ini, beritahu dokter atau apoteker soal gejala dan obat yang Anda pakai. Rekomendasi lain untuk mengurangi gatal bisa dengan krim atau anti-histamin over-the-counter sebelum olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.