Sukses

Jelang Menopause, 4 Metode Diet Ini Harus Dilakukan

Saat menopause, wanita kerap mengalami masalah pada berat badan. Berikut adalah 4 metode diet yang cocok dilakukan mereka yang mengalami masa menopause.

Liputan6.com, Jakarta Ketika mengalami masa menopause, wanita akan mengalami masalah dengan berat badan. Proses transisi dari tahap reproduksi ke tahap non-reproduksi akan membuat tubuh bertambah gemuk. Oleh sebab itu, tak jarang Anda yang mengalami hal tersebut melakukan beragam cara untuk mengatasi naiknya berat badan, yaitu dengan diet.

Meski demikian, Anda perlu memperhatikan metode diet yang tepat untuk dilakukan saat memasuki masa menopause. Dilansir step to health, Sabtu (17/2/2018), berikut adalah metode diet yang tepat, yaitu :

1. Batasi Karbohidrat Anda

Ketika berbelanja ke toko bahan makanan, sebaiknya hindari membeli bahan makanan yang mengandung karbohidrat. Ketika memasuki masa menopause, metabolisme pun mengalami penurunan. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penumpukan lemak dan menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan.

2. Tambahkan lebih banyak sayuran ke makanan Anda

Masa menopause kerap membawa perubahan, terutama dalam nafsu makan. Hal ini tentunya akan membuat perjuangan diet Anda menjadi semakin berat, karena tidak semua makanan dapat masuk ke dalam tubuh.

Meski demikian, paksa tubuh mengonsumsi sayuran seperti tomat, wortel, selada, brokoli, bawang, dan lada. Hal ini karena sayuran tersebut merupakan sumber antioksidan, vitamin, dan mineral. Mengonsumsi sayuran ini pada masa menopause dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

 

Saksikan juga video berikut ini :

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketika menjalani program diet saat menopause, Anda harus mengurangi konsumsi daging merah

3. Anda membutuhkan kalsium

Ketika memasuki masa menopause, Anda lebih membutuhkan asupan kalsium. Oleh sebab itu, Anda harus mengonsumsi susu, yogurt dan kacang-kacangan, agar kadar kalsium dalam tubuh terpenuhi.

Selain itu, Anda pun harus tetap meningkatkan rutinitas dengan lebih banyak gerak dan berolahraga.

4. Kurangi konsumsi daging merah dan makan lebih banyak ikan

Selama memasuki masa menopause, tubuh akan mengubah daging merah menjadi karbohidrat berlebih dan terakumulasi di dalam perut. Hal ini tentu bertolakbelakang dengan niat untuk melakukan diet.

Guna mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengonsumsi ikan. Selain lezat, ikan memberikan banyak manfaat untuk menurunkan berat badan selama memasuki masa menopause.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Menopause adalah kondisi di mana tidak terjadi menstruasi selama 12 bulan akibat tidak aktifnya folikel sel telur.

    Menopause

  • Diet