Sukses

Terpapar Alam Mampu Berikan Dorongan Untuk Lebih Bahagia

Sebuah studi tunjukkan pentingnya terpapar alam yang segar untuk lebih bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa hanya dengan melangkah keluar ruangan untuk melihat pepohonan, langit, dan kicauan burung, mampu memberikan dorongan pada suasana hati untuk lebih bahagia berjam-jam.

Dilansir dari Indiatimes, Senin (12/2/2018), paparan terhadap alam ini bahkan tidak akan hilang setelah Anda kembali ke kamar atau apartemen Anda. Bahkan selama berjam-jam.

Studi tersebut diterbitkan dalam BioScience edisi Januari dengan judul "Urban Mind: Using Smartphone Technologies to Investigate the Impact of Nature on Mental Well-Being in Real Time". Penelitian tersebut dilakukan oleh King's College London.

Para periset dalam penelitian ini menggunakan aplikasi pnsel pintar yang disebut Urban Mind. Kegunaannya adalah untuk mendorong pengguna melakukan survei singkat yang terkait dengan lingkungan sekitar mereka sepanjang hari, menggunakan penanda geografis untuk melihat lokasi mereka.

Menurut Fast Company, beberapa pertanyaan tersebut antara lain: "Apakah Anda di luar rumah atau di luar rumah?", "Dapatkah Anda melihat langit?", "Dapatkah Anda mendengar burung bernyanyi?", dan "Dapatkah Anda melihat atau mendengar air?"

 

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengambil gambar

Aplikasi ini juga meminta pengguna mengambil gambar dan merekam video di sekitar mereka. Gunanya untuk mendapatkan gambar yang lebih rinci dan membuat orang tetap tertarik dengan aplikasi ini. Setiap dua setengah jam, aplikasi akan memberitahukan penilaian.

Tentu saja, tidak semua orang akan menanggapi pemberitahuan yang dikirim. Namun, tanggapan yang didapat periset adalah, ada indikasi mengenai hubungan yang kuat, antara berada di luar rumah dan kesehatan mental.

Hal ini termasuk dengan suara-suara alam seperti burung berkicau, langit yang cerah, dan suara sungai yang mengalir.

Dengan banyaknya penduduk yang tinggal di kota besar. Memiliki akses ke sebuah taman dan lingkungan yang indah harus menjadi sebuah keharusan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.