Sukses

Menstrual Cup Gantikan Pembalut

Risih karena harus sering-sering mengganti pembalut? Maka menstrual cup menjadi jawabannya.

Liputan6.com, New York: Risih karena harus sering-sering mengganti pembalut? Dengan menstrual cup, Anda tidak perlu repot untuk mengganti pembalut Anda berkali-kali. Bagaimanakah cara kerja dari alat pintar ini?  

Mestrual cup adalah wadah berbentuk seperti corong yang terbuat dari silikon dan berfungsi untuk menampung darah selama masa menstruasi. Dengan alat ini, Anda tidak perlu menggunakan pembalut yang biasanya menyebabkan iritasi dan juga membuat Anda tidak nyaman. Walaupun efeknya masih menjadi perdebatan, alat pintar banyak diminati para wanita yang memiliki jadwal super ketat.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, Ginekolog Deborah Ottenheimer menyarankan untuk mempertimbangkan hal-hal di bawah ini:

1. Menstrual cup harus dicuci dengan benar sebelum digunakan. Jika tidak, maka wadah tersebut akan menjadi sarang kuman yang akan menyerang organ kewanitaan.

2. Walaupun mengandung bahan kimia yang lebih aman dari pembalut, menstrual cup tidak boleh dipakai lebih dari delapan jam.

3. Jika darah yang keluar tidak lagi banyak, maka Anda tidak dapat menggunakan alat ini. Anda akan merasa sakit jika tetap menggunakannya, tanpa adanya cairan yang melapisi organ intim Anda.

4. Menstrual cup tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Untuk itu Anda harus sabar untuk menentukan bentuk dan ukuran yang pas dengan mencobanya satu per satu.

5.Darah yang ditampung di menstrual cup akan menjadi masalah baru di ruang publik. Darah yang tertampung tersebut tentunya tidak boleh di buang ke dalam wastafel.(Shine/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini