Sukses

Tindik Organ Intim Mulai Dilarang di Wales, Simak Alasan Medisnya

Di Wales, ada undang-undang yang melarang tindik organ intim untuk seseorang yang berusia di bawah 18 tahun.

Liputan6.com, Wales, London Larangan tindik di bagian organ intim sudah mulai diterapkan di Wales. Adanya larangan itu tertuang di Undang-Undang Wales yang baru.

Anak berusia di bawah 18 tahun dilarang menindik lidah dan puting susu. Wales menjadi negara pertama di Inggris yang memperkenalkan larangan nasional terhadap tindik organ intim untuk anak di bawah 18 tahun.

Undang-undang tersebut mulai berlaku pada Kamis, 1 Februari 2018. Dalam Undang-undang tersebut tak hanya menyeburuntuk usia di bawah 18 tahun saja.

Seniman penindik pun akan dikenai sanksi bila melakukan tindik organ intim bagi siapa saja yang berusia di bawah 18 tahun.

Melansir Belfast Telegraph, Jumat (2/2/2018) ada 10 area tubuh intim yang dilarang untuk ditindik, termasuk area genital, puting, dan lidah. Aturan ini berada dalam naungan Undang-Undang Kesehatan Masyarakat (Wales) 2017.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laporan komplikasi

Dr Frank Atherton, kepala petugas medis Wales mengatakan, undang-undang larangan tindik organ intim untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan. Ini menyangkut sepertiga anak muda di Wales, yang punya tindikan di bagian organ intim melaporkan adanya komplikasi setelah menjalani prosedur tindikan.

"Isu perlindungan anak juga bisa muncul berkat aturan ini. Saya harap undang-undang ini akan membantu mengurangi masalah komplikasi," jelas Frank.

Pemerintah Welsh menemukan sebuah penelitian di Inggris, komplikasi setelah tindik organ intim dilaporkan terjadi terhadap sekitar sepertiga orang berusia 16-24 tahun.

Komplikasi yang paling sering dilaporkan tindikan lidah, yang diikuti tindikan di alat kelamin dan puting susu. Sebagai anak muda yang sedang masa pertumbuhan, tindik organ intim yang dilakukan pada usia muda dapat mengakibatkan komplikasi lebih lanjut.

Kondisi itu terjadi saat tubuh mereka berkembang seiring usia. Peningkatan risiko infeksi bisa dialami.

3 dari 3 halaman

Komplikasi tindik lidah

Ada beberapa komplikasi tindik organ intim. Tindik lidah bisa menyebabkan kerusakan permanen pada gigi dan gusi.

Hal ini mengakibatkan pembengkakan parah di mulut sehingga bisa memengaruhi pernapasan.

Banyak dokter gigi di Wales menangani pasien yang mengalami luka permanen setelah pasien ditindik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.