Sukses

Cara Diet Terbaik untuk Jantung, Diabetes, dan Turun Berat Badan

Tahun ini, para ahli menilai 40 makanan, meningkatnya dari yang terendah ke tertinggi dalam tujuh kategori, termasuk diet terbaik untuk me

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan atau hanya sekadar memperbaiki kesehatan? Di antara keduanya, manakah yang lebih baik?

Diperkirakan sebanyak 45 juta orang menerapkan program diet setiap tahunnya, dengan tujuan utamanya adalah menurunkan berat badan.

Tahun ini, para ahli menilai 40 makanan, dari yang terendah ke tertinggi dalam tujuh kategori, termasuk diet terbaik untuk menurunkan berat badan, diabetes, dan kesehatan jantung.

Adapun hasilnya sebagai berikut, dikutip dari laman Medical News Today, Selasa (16/01/2018).

 

Simak juga video menarik berikut :

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Diet terbaik untuk menurunkan berat badan

Bagi sebagian besar pelaku diet, penurunan berat badan adalah tujuan akhir, namun menurunkan berat badan dan mempertahankannya jauh dari kata mudah.

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 30-35 persen berat badan yang hilang dari diet, kembali dalam 1 tahun. Tapi untuk menjaga penurunan berat badan bisa saja dilakukan. Ini hanya masalah menemukan rencana makan yang tepat.

Para panel ahli mengevaluasi 40 diet terpopuler dilihat dari efeknya pada penurunan berat badan jangka pendek dan jangka panjang, mencatat bahwa beberapa orang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, sementara yang lain ingin mempertahankan penurunan berat badan mereka selama mungkin.

Para ahli kesehatan menilai acara Weight Watchers sebagai yang terbaik, dirinya mencetak 4 dari 5 untuk penurunan berat badan jangka pendek, dan 3,5 dari 5 untuk penurunan berat badan jangka panjang.

Weight Watchers menggabungkan sistem poin, di mana makanan dan minuman diberi poin berdasarkan nilai gizi. Pelaku diet pun diberi tunjangan harian.

Menurut A.S. News & World Report, panel ahli "Menghargai sistem pendukung program ini, yang membantu pelaku diet menjaga berat badannya turun."

Diet Volumetrik masuk di tempat kedua untuk diet penurunan berat badan terbaik, mencetak 3,8 dari 5 untuk penurunan berat badan jangka pendek dan 3,3 dari 5 untuk penurunan berat badan jangka panjang.

Dirancang oleh Barbara Rolls, seorang profesor nutrisi yang bekerja di Pennsylvania State University di Center County, Diet Volumetrik berfokus untuk menempatkan makanan dengan kepadatan energi rendah, seperti susu rendah lemak, biji-bijian, serta buah dan sayuran tanpa tepung, di garis depan makanan seseorang, serta membatasi makanan dengan kepadatan energi tinggi.

 

3 dari 4 halaman

2. Diet terbaik untuk kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian bagi pria dan wanita di A.S dan menewaskan sekitar 610.000 orang setiap tahun.

Pola makan yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, karena mengonsumsi makanan tinggi lemak dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan obesitas, yang merupakan faktor risiko utama untuk kondisi tersebut.

Tapi rencana makan mana yang terbaik untuk kesehatan jantung? Untuk kategori ini, para ahli kesehatan menganalisis masing-masing dari 40 diet dan memberi mereka rata-rata peringkat kesehatan jantung.

Diet untuk Menghentikan Hipertensi (DASH) menempati urutan pertama dalam kategori ini.

Dikembangkan oleh Institut Jantung, Paru, dan Darah Nasional - bagian dari National Institutes of Health (NIH) - makanan DASH kuncinya adalah buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, unggas, dan susu rendah lemak, namun makanan tinggi gula dan lemak jenuh perlu dibatasi.

Diet DASH juga mendapatkan peringkat terbaik dari keseluruhan diet.

Diet Mediterania - yang menekankan mengkonsumsi ikan dan makanan laut setidaknya dua kali seminggu, di samping konsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian secara teratur - menempati tempat kedua untuk diet jantung sehat terbaik, di samping makanan Ornish.

Dengan diet Ornish, lemak dibatasi hingga 10 persen kalori harian, dan makanan dibagi menjadi lima kelompok, dari yang paling tidak sehat sampai yang paling sehat.

 

4 dari 4 halaman

3. Diet terbaik untuk diabetes

Diet Mediterania tidak hanya mendapat peringkat tinggi untuk salah satu makanan jantung sehat terbaik, tapi juga mengambil mahkota diet diabetes terbaik, dengan skor 3,7 dari 5.

Diperkirakan sekitar 30,3 juta orang di A.S. hidup dengan diabetes, di mana kadar glukosa darah menjadi terlalu tinggi karena ketidakmampuan tubuh memproduksi atau menggunakan insulin secara efektif.

Meski menyantap makanan sehat penting bagi kita semua, penderita diabetes perlu ekstra hati-hati; Melewati makanan atau mengonsumsi makanan yang salah dapat menyebabkan tingginya pasang surut dan kadar glukosa darah.

Menurut panel, "Diet Mediterania adalah pilihan tepat untuk mencegah atau mengendalikan diabetes. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes pada diet Mediterania dapat memperbaiki kadar hemoglobin A1C, ukuran gula darah dari waktu ke waktu."

Diet DASH membuat penampilan lain di sini, menempati urutan kedua dalam kategori diet diabetes terbaik, dengan para ahli mencatat bahwa "menunya sangat mirip dengan pedoman nutrisi yang diterima secara luas bagi mereka yang memiliki kondisi ini."

Apapun rencana makan yang Anda putuskan paling tepat untuk Anda, penting untuk dicatat bahwa aktivitas fisik sama pentingnya dengan makanan yang Anda makan.

Pedoman saat ini menyarankan agar orang dewasa melakukan aktivitas fisik minimal 150 menit intensitas sedang atau 75 menit aerobik intensitas tinggi setiap minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.