Sukses

Bayi Baru Lahir Harus Dekat Ibunya

Apa sebenarnya fungsi dari menyatukan bayi yang baru lahir dengan ibunya?

Liputan6.com, Jakarta Bayi yang lahir di Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya sebisa mungkin akan disatukan sama ibunya. Ini merupakan langkah agar ibu belajar merawat bayi mereka sendiri.

Bidan Venny Silvia di Klinik Kebidanan dan Kandungan Lantai 6 Rumah Sakit Pondok Indah - Bintaro Jaya, mengatakan, biar ibu mengetahui tanda-tanda bayi haus, buang air kecil, maupun buang air besar. Tentu saja semua ini dalam pengawasan dokter, bidan, dan perawat.

Baca juga: Arsya, Dedek Bayi Ganteng yang Bikin Gemes di Hari Ibu

"Cara perawatan akan diajarin semua. Maka itu, di bawah tempat tidur si bayi ada perlengkapan kayak pampers sampai kapas cebok. Perawat atau bidan akan mengajari ibu di kamar sehingga ibu bisa melakukan sendiri. Kalau setelah dilepas ternyata masih mengalami kesulitan, panggil suster kembali," kata Venny belum lama ini.

Klinik di rumah sakit ini memang menyediakan berbagai program untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Dari senam hamil dan nifas, pemberian ASI, sampai memandikan bayi. Termasuk di dalam program itu, mengajarkan ibu merawat bayi mereka sendiri yang masih merah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Semua Ibu Bisa Disatukan dengan Bayi Mereka

"Ini tidak berlaku pada kondisi-kondisi tertentu. Misal ibu-ibu yang mengalami baby blues atau ibu yang masih teler banget karena efek bius melahirkan caesar," kata Venny.

"Pada kondisi apa di-rooming-in? Kalau kondisi bayinya bagus dan ibu sudah siap, akan di-rooming-kan," kata dia menambahkan.

Menurut Venny, ada saja ibu yang menolak dengan berbagai alasan. Paling sering karena kelelahan setelah melahirkan sehingga harus istirahat dulu.

Namun, perawat dan bidan akan menjalankan tugasnya untuk mengedukasi para ibu tersebut, karena ke depan perjuangan ibu belum selesai sampai di sini saja.

"Justru perjuangan ibu masih berlanjut setelah bayi mereka lahir," kata Bidan Venny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini