Sukses

Dokter Ini Sebut Air Alkali Punya Manfaat bagi Kesehatan

Air alkali memiliki manfaat bagi kesehatan, tapi bukan berarti bisa menyembuhkan penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Dokter inspirator sehat alami Indonesia, Zaidul Akbar, mengungkapkan, dari beberapa literatur, Kangen Water yang mengandung air alkali dan antioksidan memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, teori Sang Hwang yang menyebut konsumsi air alkali yang memiliki pH di atas 7 ini membantu keseimbangan pH darah.

"Jadi ketika makanan basa entah itu sayur, buah, atau air alkali masuk ke dalam lambung lalu ada reaksi kimia, menghasilkan HCl (asam lambung) dan NaHCO3. NaHCO3 ini yang akan disemprotkan ke saluran darah, yang menyebabkan peningkatan pH darah yang membantu menjaga keseimbangan pH darah," katanya.

Ketika apa pun yang ada dalam tubuh seimbang, tentunya membuat tubuh pun sehat. Termasuk ketika pH darah seimbang, yakni di sekitar angka 7,365 atau 7,4.

Walau memiliki manfaat kesehatan, Zaidul mengatakan tidak tepat bila kangen water disebut bisa menyembuhkan. Kenapa?

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Pria yang aktif mengisi berbagai seminar ini mengatakan bahwa air alkali tidak bisa menyembuhkan penyakit yang diderita seseorang.

"Saya paham ketika Kementerian Kesehatan meminta masyarakat jangan percaya air alkali bisa menyembuhkan penyakit segala macam. Itu saya sepakat banget. Jadi, emang enggak bisa diklaim mengobati," katanya saat dihubungi Health-Liputan6.com, ditulis Selasa (28/11/2017).

Menurut pria yang tak lagi praktik ini, dalam pengobatan itu tidak bisa hanya bisa dilihat dari satu faktor.

"Secara umum, overall, kalau kita bicara penyembuhan atau mengobati itu multifaktor banget. Terlebih yang memiliki kehendak menyembuhkan itu Tuhan," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini