Sukses

Prediksi Penyakit dari Warna Lidah

Lidah bisa memprediksi penyakit tertentu..

Liputan6.com, Jakarta Jangan abaikan bila Anda melihat ada perubahan warna pada lidah. Sebab lidah bisa memprediksi penyakit tertentu, seperti disampaikan editor kesehatan Fox News Channel, Dr. Manny Alvarez.

- Lidah kemerahan seperti stroberi, apa artinya?

"Kecuali Anda makan sekotak permen stroberi atau lolipop, lidah merah terang bukanlah warna normal. Ada beberapa kemungkinan yang mungkin menyebabkannya. Seperti misalnya, kekurangan vitamin.

"Lidah Anda mungkin berubah kemerahan dan kehilangan rasa. Biasanya ini akibat kekurangan vitamin, yaitu B-12, asam folat atau zat besi. Anda harus menambah atau mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin itu," kata dokter yang juga Kepaka Departemen Obstetri dan Ginekologi di Hackensack University Medical Center in New Jersey tersebut, seperti dimuat Foxnews, Senin (27/11/2017).

Selain itu, lidah kemerahan juga bisa menjadi tanda demam Scarlet. "Jika lidah berubah kemerahan disertai demam tinggi, sebaiknya Anda memeriksakan diri."

"Gejala demam Scarlet ditandai dengan perubahan warna lidah, radang tenggorokan, serta mulut yang terlalu kering," ujarnya.

 

Simak video menarik berikut ini:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

- Bercak putih pada lidah, apa artinya?

Anda mungkin melihat ada bercak putih tanpa rasa sakit di atas atau di bawah lidah Anda, atau biasa disebut leukoplakia. Jika Anda melihatnya, tak perlu khawatir, kecuali Anda perokok.

"Jika Anda seorang perokok, bintik-bintik putih pada lidah bisa menjadi bentuk pra-kanker. 

Alvarez menambahkan, bila Anda merasa sakit atau benjolan di mulut yang tidak mereda lebih dari satu minggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.