Sukses

Pesan Dokter Onkologi di Perayaan Bulan Peduli Kanker Paru

Dokter onkologi mengatakan, kanker paru masih menjadi masalah besar yang kita hadapi.

Liputan6.com, Jakarta Memperingati bulan peduli kanker paru yang jatuh pada November, Perhimpunan Dokter Spesialis Onkologi Radiasi Indonesia (PORI) mengadakan acara bertema "Breathe for Free 2017 Lung Cancer Awareness Month", Sabtu (25/11/2017).

Acara tersebut berlangsung dari pukul 17.30 hingga 18.30 WIB di Kemang Village. Acara yang diisi dengan berbagai penampilan tersebut sekaligus menjadi ajang untuk menyuarakan kesadaran mengenai pentingnya hidup sehat agar terhindar dari kanker utamanya kanker paru.

"Kanker paru masih menjadi masalah besar yang kita hadapi. Maka itu penting untuk menyadari besarnya bahaya kanker. Sebagai upaya pencegahan terkena kanker, kuncinya adalah melakukan CERDIK," kata konsultan onkologi Elisna Syahruddin, MD, PhD saat ditemui di acara tersebut.

Elisna menjelaskan, CERDIK merupakan gerakan hidup sehat yang terdiri dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Indro Warkop

Dalam acara tersebut, hadir pula komedian Indro Warkop. Oom Indro, begitu dia akrap disapa, turut meramaikan acara tersebut sebagai pembawa acara.

Dia mengatakan, pentingnya kesadaran masyarakat untuk berhenti merokok agar terhindar dari kanker paru-paru.

"Bangsa ini harus aware terhadap kesehatan. Setidaknya kita aware ada penyakit kanker, spesifik kanker paru. Bulan ini mengingatkan kita bahwa kanker paru itu harus kita lawan," kata Indro saat ditemui di acara tersebut.

Indro mengimbau masyarakat untuk berhenti merokok karena rokok adalah penyebab utama seseorang terkena kanker paru.

"Ya kalau mau sehat ya berhenti merokok. Harus ada kesadaran dan kemauan keras," kata Indro yang mengaku sudah berhenti merokok sejak 20 tahun yang lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.