Sukses

Diet Berujung Maut Sang Atlet Muay Thai

Atlet Muay Thai asal Australia yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan akhirnya meninggal karena diet dan dehidrasi.

Liputan6.com, Australia Seorang remaja asal Perth, Australia, meninggal karena dehidrasi saat berlatih jelang pertarungan Muay Thai. Setelah diselidiki lebih lanjut, Jessica Lindsay (18) sedang berupaya keras diet atau program penurunan berat badan.

Dilansir dairi 9News, Kamis (23/11/2017), ia melakukan diet jelang pertarungan bela diri yang digelutinya, Muay Thai. Saat ia lagi asyik berlatih, Jessica tiba-tiba pingsan pada 10 November 2017. Ia pun segera dilarikan ke rumah sakit.

Sayang, nyawa Jessica tidak dapat diselamatkan. Ia meninggal setelah dirawat secara intensif selama empat hari. Dalam Muay Thai, Jessica termasuk atlet pemula. Muay Thai baru digelutinya kurang dari dua tahun.

Ia diet demi menurunkan berat badannya yang 64 kg. Bobot tersebut dinilai berat. Jessica tumbang beberapa hari sebelum jadwal pertarungan Muay Thai.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak sadar kena heat exhaustion

Sebelum meninggal, Jessica masih aktif di akun Instagram miliknya. Ia mengunggah status kalau dirinya merasa bugar dan sehat, sembilan hari sebelum pertarungan Muay Thai. Namun dua hari sebelum pingsan, ia menulis, "Yeah, nah, turunkan berat badan itu sakit, hey."

Seorang dokter yang menangani Jessica mengungkapkan, remaja tersebut meninggal kemungkinan mengalami kelelahan karena kenaikan suhu tubuh (heat exhaustion).

Jessica, yang jalani diet jelang pertarungan akhirnya meninggal karena dehidrasi. (9News)

"Kepanasan yang terjadi di tubuhnya sangat ekstrem, akibatnya dia dehidrasi," kata Dr Joe Kosterich.

"Penyakit inilah, yang beberapa orang sebut sebagai heat exhaustion."

Risiko heat exhaustion yang timbul pada atlet sangat berbahaya, terutama bila mereka juga sedang diet. Kematian Jessica akan diselidiki petugas pemeriksa mayat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dehidrasi merupakan kondisi jumlah cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak dari jumlah cairan yang masuk.

    Dehidrasi

  • Diet