Sukses

Minum Air Putih Bisa Sembuhkan 5 Penyakit Ini

Sejumlah penyakit bahkan bisa sembuh atau mereda jika Anda rajin minum air putih setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Fakta bahwa minum air putih lebih bermanfaat tidaklah keliru. Sejumlah penyakit bahkan bisa sembuh atau mereda jika Anda rajin minum air putih setiap hari.

Lantas, apa saja penyakit tersebut? Berikut ulasannya, melansir Step to Health, Jumat (17/11/2017):

1. Sembelit

Dalam banyak kasus, sembelit mungkin terkait dengan kurang minum. Hal ini terutama terjadi jika makanan yang Anda konsumsi kurang serat.

Dengan minum lebih banyak air, buang air besar akan jadi lebih mudah.

2. Masalah kulit

Anda punya banyak masalah kulit? Mungkin jerawat, komedo, eksim, kulit kering atau berminyak? Coba banyak minum air putih.

Air putih akan membantu mengeluarkan racun yang menumpuk di tubuh. Minum air putih juga akan mempermudah racun di tubuh untuk keluar melalui keringat atau urine.

 

 

 Simak video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Batu ginjal

Rekomendasi pertama yang diberikan dokter untuk mencegah munculnya batu ginjal adalah minum air putih setidaknya dua liter air natrium rendah sehari.

Dengan cara ini, Anda meningkatkan produksi urine sekaligus mencegah kristalisasi progresif dari batu ginjal. Dengan demikian, kita secara alami akan semakin melenyapkannya.

Setiap orang yang cenderung menderita batu ginjal karena memiliki riwayat keluarga atau latar belakang pribadi harus sangat memperhatikan kebiasaan ini.

4. Kegemukan

Air minum membantu menurunkan berat badan karena berbagai alasan: Pertama, karena membantu menghilangkan kelebihan cairan yang menumpuk di tubuh. Selain itu, karena mempercepat metabolisme, minum air putih juga berguna untuk membakar kalori.

Minum air putih juga meningkatkan proses pencernaan dan asimilasi (penggabungan) nutrisi. Selain itu, dapat memudahkan pengosongan isi perut serta mengurangi nafsu makan dan kegelisahan untuk ngemil setiap saat. Akhirnya, minum air putih mampu meningkatkan kadar keringat dan karenanya menghilangkan racun dan cairan.

5. Tekanan darah tinggi

Orang yang khawatir akan tekanan darah tinggi, perlu tahu kalau minum air putih sepanjang hari bisa mengatur tekanan darah. 

 

 

 

3 dari 3 halaman

6. Penuaan

Penuaan terjadi akibat radikal bebas. Namun, di antara faktor-faktor lainnya, penuaan juga ditandai dengan hilangnya cairan secara bertahap di tubuh kita. 

Bayi baru lahir misalnya bisa kehilangan cairan mencapai 80 persen dan 70 persen saat dewasa serta mencapai 60 persen pada orang tua. Dengan demikian, air minum bisa menunda proses hidrasi dan penuaan dini. Sebab, penuaan inilah yang menjadi predisposisi untuk menderita penyakit kronis dan degeneratif.

Bagaimana dan kapan harus minum air putih?

Penting untuk diketahui, minum air putih lebih baik dilakukan pada waktu perut kosong. Ini berarti di luar waktu makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.