Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Ini Biang Keladi Vagina Nyeri Usai Bercinta

Usai bercinta, Anda seharusnya bisa tidur nyenyak memeluk pasangan, namun yang ada malah merintih dan mengomel karena rasa sakit di vagina.

Liputan6.com, Jakarta Rasa sakit usai bercinta terasa menyiksa. Seharusnya Anda bisa tidur nyenyak sambil meluk pasangan, namun yang ada kita malah merintih dan mengomel karena rasa sakit di vagina.

Ketika Anda merasakan nyeri di dalam sana, vulvodynia bisa menjadi penyebabnya. Vulvodynia merupakan kondisi kronis di area pintu masuk vagina, vulva.

Gangguan ini akan membuat vagina terasa seperti terbakar serta nyeri. Kondisi ini banyak dialami wanita usia 18-25 tahun.

Menurut Leah Millheiser, M.D., direktur program pengobatan seksual wanita di Stanford University, "Ini pada dasarnya adalah radang vulva - pembukaan vagina Anda." 

Gejala umum yang dirasakan adalah sensasi terbakar seperti tersiram air keras, rasa nyeri baik tak berhubungan atau sedang berhubungan, gatal dan nyut-nyutan. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Vulvodynia

Berikut penyebab vulvodynia seperti yang dikutip Womenshealthmag, Rabu (15/11/2017):

1. Menurut Leah, KB bisa menjadi pemicu salah satu dari masalah ini. Wanita yang terbiasa minum pil KB usia 16 tahun lebih mungkin untuk mengembangkan vulvodynia. Hal ini dikarenakan tekanan pada hormon estergon dan testosteron.

2. Faktor lingkungan. Ketika seorang wanita memiliki kulit yang sensitif sebaiknya menghindari penggunaan bahan kimia pada vagina. Baik itu sabun, parfum atau pelumas.

3. Vulvodynia bisa juga dipicu oleh gangguan saraf, seperti sindrom kandung kemih di mana fungsi saraf berhubungan langsung dengan area vagina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.