Sukses

Bisakah Manusia Hindari Proses Penuaan?

Seberapa besar upaya melakukan perawatan tersebut ternyata penuaan tidak bisa dihindari.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian individu, termasuk Anda mungkin mencegah penuaan melalui berbagai macam perawatan tubuh, seperti rutin pakai krim antipenuaan. Namun, seberapa besar upaya melakukan perawatan tersebut ternyata penuaan tidak bisa dihindari.

Hal tersebut diungkap oleh sekelompok ilmuwan Amerika. Mereka mengatakan, manusia secara matematis tidak mungkin mengalahkan proses penuaan.

"Seberapa banyak upaya Anda mencoba dan menghentikan sel untuk mencegah penuaan, sejujurnya Anda tidak akan bisa melakukannya," kata peneliti Profesor Joanna Masel, dikutip dari Huffington Post, Rabu (1/11/2017).

Penuaan adalah bagian alami dari kehidupan. Meskipun Anda sudah berupaya juga menutupi penuaan dengan mengecat uban, upaya tersebut ternyata sia-sia.

Secara matematis, penuaan tidak dapat dihindari, bahkan sulit untuk dihindari, menurut studi baru dari University of Arizona. Saat kita mulai menua, sel tubuh mulai melambat dan kehilangan fungsinya. Misal, sel rambut Anda akan berhenti membuat pigmen.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sel kanker berkembang

Pertumbuhan sel yang melambat seiring usia menua ternyata tidak diikuti sel-sel lain. Ada pula sel-sel lain yang justru makin cepat pertumbuhannya. Sel ini bisa menjadi pemicu sel kanker dan tumor terbentuk.

Menurut peneliti, tiap orang mengembangkan sel kanker meskipun tidak menimbulkan gejala. Penulis utama berkata:

"Seiring bertambahnya usia, sebagian besar sel Anda sedang menurun dan kehilangan fungsi. Tapi beberapa sel tumbuh sangat cepat," tambah peneliti Paul Nelson.

Lebih lanjut, jika Anda menyingkirkan sel-sel yang kurang berfungsi dan lamban, maka itu memungkinkan sel kanker berkembang biak dan memberi mereka lebih banyak ruang untuk tumbuh.

Jika Anda menghancurkan atau memperlambat sel-sel kanker tersebut, maka itu memungkinkan sel yang lamban dan tidak berfungsi berfungsi makin menumpuk.

Bagaimanapun penuaan tidak bisa dicegah dan tetap terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.