Sukses

Sulit Hamil, Wanita Lebih Berisiko Kanker Payudara

Peneliti menemukan, wanita yang perlu berjuang untuk bisa hamil lebih berisiko kena kanker payudara.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki anak adalah dambaan hampir setiap pasangan suami istri. Dan beberapa wanita rela berjuang agar bisa hamil. Namun, wanita yang berjuang hamil lebih mungkin terkena kanker payudara.

Para ahli berpikir ketidakseimbangan hormon dapat meningkatkan risikonya. Peneliti menemukan wanita yang gagal hamil selama setahun atau lebih, sebanyak 43 persen lebih mungkin meninggal karena kanker payudara. Dan 69 persen berisiko tinggi kematian akibat diabetes.

University of Pennsylvania mempelajari 80.000 wanita berusia 55 sampai 74 tahun selama 13 tahun.

Penelitian lain menunjukkan faktor gaya hidup seperti obesitas dan merokok dapat mempengaruhi kesuburan. Para ahli percaya ini juga bisa dikaitkan dengan risiko kematian mereka yang lebih tinggi akibat kanker dan diabetes di kemudian hari.

Namun, penelitian ini juga menunjukkan kelompok ini tidak berisiko lebih tinggi meninggal akibat kanker ovarium atau endometrium.

Dr Richard Paulson, Presiden American Society for Reproductive Medicine mengatakan: "Ini adalah studi yang sangat penting.

"Kita perlu menyelidiki apakah perawatan infertilitas dapat melawan beberapa peningkatan risiko ini," kata Dr Paulson seperti dilansir The Sun, Senin (30/10/2017).

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.