Sukses

Musim Pancaroba, Hindari Kebiasaan yang Picu Pilek dan Demam Ini

Hindari kebiasaan yang bisa memicu penyakit di musim pancaroba.

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini, cuaca mulai tidak menentu. Terkadang cuaca sangat panas dan besoknya turun hujan, ini merupakan pertanda musim pancaroba. Penyakit seperti demam, batuk dan pilek seringkali menyerang. Untuk itu, penting untuk menjaga kesehatan, salah satunya dengan menghindari kebiasaan yang bisa memicu penyakit tersebut.

Mengutip laman Boldsky, Senin (2/10/2017), kebanyakan orang menganggap pilek dan flu bukanlah penyakit yang serius. Padahal kondisi ini bisa menghalangi aktivitas sehari-hari. Selain itu, jika dibiarkan, flu bisa berubah menjadi demam.

Beberapa kebiasaan yang bisa memicu pilek pada musim pancaroba antara lain terlalu banyak duduk di ruangan ber AC, minum minuman dingin, dan makan makanan tertentu yang bisa memicu pilek.

Selain itu, imunitas atau kekebalan tubuh seseorang juga menentukan mudah atau tidaknya terkena flu dan pilek. Faktor lainnya yang juga memudahkan seseorang terkena flu dan pilek adalah adanya mikroba dalam makanan, minuman ataupun udara. Untuk itu penting untuk menghilangkan kebiasaan makan yang tidak higienis dan tidak sehat terutama pada musim pancaroba.

Selain beberapa kebiasaan di atas, berikut ini kebiasaan lainnya yang juga harus dihindari agar tidak mudah terkena pilek dan flu di musim pancaroba.

1. Naik lift

Terlalu sering naik lift saat musim pancaroba dapat meningkatkan risiko terkena flu dan pilek. Alasannya lift merupakan tempat tertutup dan hal ini memungkinkan Anda mudah terkena flu.

Untuk mengatasinya, gunakan selalu masker agar tidak mudah tertular flu dan pilek.

 

Saksikan video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Mengenakan baju yang tipis

Sangat penting untuk mengenakan baju hangat saat musim seperti ini. Anda tak hanya harus menghindari baju tipis dan menggantinya dengan yang lebih tebal, tapi sebaiknya juga mengenakan kaus kaki dan sarung tangan hangat jika memungkinkan.

Hal ini dapat menguntungkan Anda, selain menurunkan risiko terkena flu, Anda juga dapat terhindar dari penyakit lainnya seperti masuk angin.

3. Minum alkohol

Kebiasaan meminum alkohol juga harus dihindari terutama di saat sekarang ini. Alasannya, minum alkohol dapat menurunkan kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko terkena pilek dan flu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilek adalah kondisi dimana terjadi infeksi ringan pada hidung. Biasanya ditandai dengan terjadinya sumbatan pada hidung dan saluran nafas.

    Pilek

  • Musim Pancaroba