Sukses

Penglihatan dan Pendengaran Pengaruhi Kecerdasan

Menurunnya kemampuan mendengar dan melihat dikatakan berpengaruh pada kemampuan kognitif, yaitu proses intelektual atau kecerdasan seseorang

Liputan6.com, Jakarta Menurunnya kemampuan mendengar dan melihat dikatakan berpengaruh pada kemampuan kognitif, yaitu proses intelektual atau kecerdasan seseorang melalui pengalaman, perasaan, dan juga pikiran.

Laman New York Times menyebutkan penurunan penglihatan yang sering tidak terdeteksi pada orang tua dan penurunan pendengaran yang tidak diperiksakan pada orang tua di atas 70 tahun, maupun penurunan pada kedua kemampuan baik mendengar maupun melihat pada orangtua, meningkat dua kali lipat selama 20 tahun terakhir.

Penurunan kemampuan pada orang tua ini dikatakan terkait pada kemampuan mereka dalam mengingat, orientasi dan perencanaan mereka dan menjadi penyebab penyakit Dimentia dan Alzheimer.

Dr. Lin, yang menggunakan 1,984 partisipan dalam penelitian penurunan kemampuan kognitif atau kecerdasan ini, menyatakan bahwa partisipan yang mengalami penurunan pendengaran pada enam tahun ke depannya juga mengalami penurunan kemampuan kognitif sebanyak 40 persen daripada orang yang memiliki kemampuan mendengar normal. Partisipan tersebut dikatakan mengalami permasalahan dengan kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat.

Dr. Lin mengatakan dengan kemampuan mendengar yang menurun, otak tidak menerima informasi yang pasti dan memaksanya untuk bekerja lebih keras dalam memahami maksud dari sinyal tersebut. Pendengaran yang menurun di sisi lain juga menyebabkan seseorang menarik diri dari pergaulan dan membuatnya semakin kehilangan kemampuan kognitif.

Upaya untuk meningkatkan kemampuan penglihatan membaik dengan melakukan perawatan akan mengurangi menurunnya kemampuan kognitif pada orang tua. Pemerikasaan mata secara berkala 2-4 tahun sekali untuk usia 40-54 tahun untuk mengindari penyakit glukoma, katarak dan penurunan kerja otot mata.

Begitu pula pemerikasaan rutin pada pendengaran yang sebaiknya dimulai pada umur 50 tahun untuk mengurangi cepatnya penurunan pendengaran. Karena sayangnya penggunaan alat bantu pendengaran yang dipakai pada orang tua, belum terbukti dalam penelitian dapat menahan menurunnya kemampuan kognitif di usia lanjut. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.