Sukses

Tata Cara Bersihkan Gigi Balita dengan Benar

Bagaimanakah cara tepat untuk membersihkan gigi pada balita?

Liputan6.com, Jakarta Membersihkan gigi pada balita sangat penting untuk mencegah kerusakan gigi sedini mungkin. Sayangnya, seringkali orangtua memiliki pemahaman yang kurang tepat mengenai cara membersihkan gigi pada anak. Lalu seperti apakah cara yang tepat?

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc terlebih dulu menjelaskan mengenai usia yang tepat untuk membersihkan gigi anak.

"Membersihkan gigi pada anak lebih baik sedini mungkin. Biasanya, gigi pertama anak tumbuh saat berusia enam atau delapan bulan," ucap drg. Mirah dalam acara briefing Bulan Kesehatan Gigi Nasional pada Selasa (5/9/2017) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Mengenai caranya, drg. Mirah menjelaskan, "Kalau anak yang masih bayi memang susah membersihkan pakai sikat gigi. Jadi yang dianjurkan adalah ibu membersihkan gigi bayi dengan jari tangan yang diselubungi dengan kassa yang dicelupkan ke air hangat. Selain itu, tidak hanya gigi balita yang dibersihkan, melainkan juga gusinya."

Saksikan video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini syarat bersihkan gigi balita dengan sikat dan pasta gigi

Memasuki usia dua tahun, balita sudah siap untuk membersihkan gigi dengan sikat dan pasta gigi.

"Anak berusia dua tahun sudah bisa meludah dan anak boleh menyikat gigi dengan pasta gigi," ucap drg. Mirah.

Meski demikian, drg. Mirah berpesan untuk memakai pasta gigi dengan syarat berikut.

"Pemakaian pasta gigi haruslah dengan pasta yang memiliki kadar fluoride yang lebih rendah dibandingkan pasta gigi orang dewasa. Cara menggunakan pasta gigi yaitu ambil pasta gigi sebesar padi kemudian dioleskan tipis sekali di permukaan bulu sikatnya," lanjutnya.

Drg. Mirah mengatakan, penelitian membuktikan ketika anak menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride maka gigi berlubangnya sangat berbeda dengan anak yang menyikat gigi dengan pasta tanpa kandungan fluoride.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini