Sukses

Penyebab Perut Buncit yang Tak Bisa Hilang dengan Olahraga

Ada banyak penyebab terjadinya perut buncit. Tidak semua permasalahan itu dapat diselesaikan dengan berolahraga.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua permasalahan perut buncit dapat diatasi dengan olahraga dan mengatur pola makan. Ketahui terlebih dulu penyebab dari perut buncit tersebut.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dari Slim and Health Sport Therapy Jakarta, Michael Triangto, mengatakan, perut buncit tidak melulu disebabkan karena makan berlebihan maupun otot perut yang melemah dan kendur.

Ada juga perut buncit yang terjadi karena kebiasaan minum alkohol berlebihan, dan pada wanita bisa saja karena kista ovarium atau mempunyai miom sehingga keluar dari rongga panggul yang terlihat sebagai perut yang buncit.

"Kalau perut buncit karena urusan yang terakhir, olahraga sudah jelas tidak ada gunanya. Selesaikan terlebih dulu tumornya, sehingga perut lebih rata," kata Michael kepada Health-Liputan6.com, Selasa (5/9/2017)

Sedangkan untuk perut buncit akibat terlalu banyak mengonsumsi alkohol, Michael menekankan bahwa perut rata yang sempat dimiliki oleh si peminum tidak dapat diperoleh lagi. Sekali pun ia sudah berhenti minum.

"Karena ototnya sudah ditutupi lemak sehingga tidak lagi kencang. Sehingga bagaimana juga perut tetap buncit," kata Michael.

Biasanya, perut buncit karena alkohol atau beer belly paling banyak terjadi di negara-negara Eropa dan Amerika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.