Sukses

Makan Salak Bikin Susah BAB?

Tidak benar bahwa makan salak akan menyulitkan Anda buang air besar (BAB)

Liputan6.com, Jakarta Pasti sering mendengar bahwa makan salak akan menyulitkan Anda buang air besar. Ketika ada yang mengalami mencret-mencret, Anda pun tak sungkan menyarankan dia makan salah agar masalah pencernaan itu cepat terselesaikan.

Dokter Gerardus Septian Kalis dari situs Klik Dokter menyebut itu adalah mitos. Hingga saat ini belum dapat dibuktikan kebenaran bahwa buah dengan nama latin Salacca zalacca ini akan menyulitkan Anda buang air besar.

Justru, buah salak memiliki buah dan kulit ari yang tinggi kandungan serat dan tanin. Dengan begitu akan mempermudah Anda dalam buang air besar.

Lebih lanjut, buah salak yang mengandung zat besi dan kalsium untuk kepadatan tulang serta memperkuat otot dan sendi, adalah salah satu buah yang mengandung nutrisi sangat padat. Semua nutrisi itu punya manfaat bagi kesehatan manusia.

Seperti dikutip dari situs Klik Dokter pada Sabtu (2/9/2017), kandungan tanin buah salak berfungsi sebagai obat anti diare. Tanin juga bisa mengatasi gangguan pencernaan yang lain.

Ia menyarankan makan salak bersamaan dengan kulit halusnya (epidermis) guna mencegah sembelit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.