Sukses

Begini 5 Langkah Aman Pakai Sepatu Hak Tinggi

Wanita yang sering memakai sepatu hak tinggi berisiko alami kerusakan pada lutut, pinggul dan tendon.

Liputan6.com, Jakarta Wanita yang gemar memakai sepatu hak tinggi, seperti Melania Trump, memiliki risiko kesehatan. Studi dalam Journal of Applied Physiology menyebutkan wanita yang sering memakai sepatu hak tinggi berisiko alami kerusakan pada lutut, pinggul, dan tendon.

Risiko kerusakan pada area tersebut terjadi karena sepatu hak tinggi memaksa penggunanya menempatkan seluruh berat pada pada bola kaki. Berbeda halnya dengan sepatu datar yang mendistribusikan beban tubuh ke seluruh telapak kaki. Kondisi tersebut membuat lutut dan pinggul menyesuaikan dengan maju ke depan.

"Hal itu bukan hal baru, kami sudah mempelajari saat di bangku sekolah kedokteran," kata dokter yang mendalami masalah kaki (ahli podiatri) dari New Jersey, Amerika Serikat, Jacqueline Sutera.

Sebagai wanita, Jacqueline juga terkadang memakai sepatu hak tinggi. Namun, ada beberapa strategi yang dilakukan wanita ini guna mengurangi bahaya sepatu hak tinggi, seperti mengutip Huffington Post, Kamis (31/8/2017).

1. Gunakan sepatu hak dengan ketinggian berbeda-beda

Jika tendon tidak terbiasa dengan ketinggian hak sepatu yang sama setiap hari mengurangi risiko bahaya pada tendon. Bila hari ini memakai sepatu hak tinggi 7 cm, besok bisa 3 cm, lalu keesokan harinya sepatu datar. 

2. Rutin lakukan peregangan

Jika Anda setiap hari memakai sepatu hak tinggi, lakukan peregangan pada otot-otot kaki.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan pakai sepatu hak tinggi dari rumah

3. Pakai sepatu datar saat menuju tempat tujuan

Bagi Anda yang menempuh perjalanan dengan menggunakan transportasi publik seperti kereta atau bus, pakai sepatu datar terlebih dahulu. Sepatu datar mendukung langkah Anda berjalan di trotoar yang tak rata, lantai licin, dan tangga. Baru, sesudah itu ganti dengan sepatu hak tinggi.

4. Pilih wedges

Sepatu berhak tinggi di seluruh lapisan ini tidak membaut tekanan pada bola kaki.

5. Tambahkan bantalan

Tambahan bantalan atau insole sepatu membuat tumit jadi lebih stabil. Hal ini juga membantu pengguna sepatu hak tinggi berjalan lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.