Sukses

Selagi Muda Ini 4 Cara Cegah Pikun Saat Tua

Jangan tunggu tua baru lakukan upaya pencegahan pikun. Berikut langkah agar tak pikun saat tua.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang tak mau pikun saat tua, perhatikan gaya hidup sehat sejak muda. Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar daya ingat tetap tajam hingga usia senja.

Orang umumnya mengetahui cara mencegah pikun dengan bermain gim seperti sudoko atau TTS. Namun, laporan dari Global Council On Brain Health menyebutkan hal itu tak cukup. Berikut empat hal lain yang perlu dilakukan guna menjaga otak sehat sehingga bebas pikun saat tua mengutip Mirror, Kamis (31/8/2017).

1. Belajar hal baru

Usia sudah banyak bukan berarti tahu semuanya, coba belajar hal-hal baru agar otak tetap terasah. Misalnya belajar Tai Chi, yoga atau berkebun. Bisa juga mencoba rute lain menuju sebuah tempat.

"Berjalan ke sebuah tempat dengan rute berbeda juga membuat saraf-saraf di otak aktif," kata dokter yang juga penulis buku Natural Solutions For Dementia And Alzheimer’s, Marilyn Glenville.

2. Perhatikan asupan makan

Konsumsi makanan tinggi antioksidan untuk mencegah penyakit Alzheimer. Di antaranya dengan mengonsumsi tomat, ikan, telur, serta sayuran hijau.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seks tetap aktif

3. Seks tetap aktif

"Studi yang melibatkan 6.800 orang menyebutkan, orang yang aktif dalam kehidupan seksual, kemampuan kognitifnya cenderung tajam," kat Glenville.

4. Cari ketenangan

Di tengah kehidupan yang berjalan cepat serta bisingnya kota, cari waktu agar diri tetap tenang. Meditasi 15-30 menit membantu melepaskan stres serta meningkatkan fungsi otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.