Sukses

Waspadai Uban yang Muncul Sebelum Usia 30

Pada sebagian orang, uban muncul sebelum usia 30 tahun, berbahayakah?

Liputan6.com, Jakarta Uban atau rambut berwarna putih akan muncul seiring bertambahnya usia. Biasanya uban akan mulai muncul saat seseorang menginjak usia 45 tahun ke atas.

Namun, apabila uban muncul sebelum seseorang berusia 30 tahun, hal itu bisa menandakan kondisi kesehatan tertentu, seperti dikutip dari laman Boldsky, Selasa (29/8/2017). Penting untuk memeriksa tanda-tanda munculnya uban untuk menghindari konsekuensi serius.

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa memicu munculnya uban di bawah usia 30 tahun.

1. Penyakit jantung

Jika Anda masih muda namun sudah beruban, berkonsultasilah ke dokter jantung, terutama apabila Anda pria. Para ilmuwan juga mengungkapkan bahwa uban sering dikaitkan dengan risiko tinggi penyakit jantung iskemik.

Penyakit ini tidak menunjukkan gejala pada tahap awalnya, jadi Anda perlu memperhatikan tanda-tanda yang mengacu pada hal tersebut.

2. Kondisi auto imun atau kelainan imunitas

Penyakit auto imun yang muncul dengan nama alopecia areata dapat menyebabkan munculnya rambut putih cerah. Orang-orang dengan kondisi ini secara bertahap cenderung kehilangan rambut sepenuhnya dari kepala dan tubuh mereka. Inilah salah satu alasan utama untuk tidak pernah mengabaikan munculnya uban di bawah usia 30 tahun.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Merokok

Perokok seringkali memiliki uban yang tumbuh lebih cepat dibanding orang lain. Kebiasaan buruk ini juga membuat rambut lebih mudah rontok.

4. Mengalami stres yang berlebihan

Stres dapat memicu pertumbuhan uban di usia muda, untuk itu cobalah alami stres untuk menghindari pertumbuhan uban yang lebih cepat.

5. Kekurangan vitamin D3 dan B12

Untuk menghambat munculnya uban, Anda membutuhkan nutrisi yang cukup. Kekurangan vitamin D3 dapat membuat Anda kehilangan melanin, zat yang memberikan warna pada kulit dan rambut. Hal ini berlaku pula untuk vitamin B12.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.