Sukses

Kematian Ayah, Lecut Pria Berbobot 150 Kg Ini untuk Diet Ketat

Patrick Delaney bertekad untuk berdiet usai kematian sang ayah. Tebak berapa berat badannya sekarang.

Liputan6.com, Jakarta Tepat dua tahun lalu, ayah Patrick Delaney meninggal dunia karena serangan jantung. Saat itu juga, Delaney berniat untuk diet lantaran berat badannya mencapai 155 kilogram di usia yang baru 30. Ia takut hal yang menimpa sang ayah terjadi pada dirinya.

Selama duduk di bangku SMA, pria asal Atlanta, Georgia ini bisa menghabiskan roti lapis, lima ayam goreng, kentang dan soda dalam satu minggu. Tak jarang juga ia menambah menu seperti taco dan piza dilengkapi tiga ayam burrito dan 10 kaleng bir dalam satu malam.

Pola makan yang esktrem tanpa olahraga sedikit pun akhirnya membuat berat badan Delaney terus meningkat. Di usia 21, berat badannya sudah mencapai 300 pon atau sekitar 136 kilogram.

"Saya selalu mengira saya hanya orang gemuk karena genetika atau metabolisme yang lambat. Saya tidak pernah menyangka ada faktor lain," ujarnya dikutip dari Men's Health, Senin (28/8/2017).

Setiap hari asupan kalori Delaney hampir 4.000, padahal asupan kalori normal hanyalah 1.000 per hari. Tak heran jika berat badan Delaney terus meroket.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mulai berdiet

Berawal dari mengurangi minuman bersoda dan ayam goreng, Delaney berhasil memotong 600 kalori per hari.

"Ini adalah pertama kalinya saya menyadari saya harus benar-benar mengganti makanan saya," katanya.

Delaney menyadari ia bukan orang yang paham betul tentang nutrisi dan gizi. Saat ia mulai berdiet, ia mengunduh aplikasi khusus untuk menghitung asupan nutrisi sehari-hari. Pria berusia 32 ini juga mengubah kebiasaan membeli makanan cepat saji jadi memasak sendiri di rumah.

Jenis buah seperti anggur dan makanan seperti kacang almond dan Greek yoghurt dipilihnya sebagai camilan sehat. Bahkan, Delaney juga melakukan gym rutin. Ia pun berhasil menurunkan 1 kilogram per minggu. Dalam enam bulan pertama, ia turun sekitar 22 kilogram.

3 dari 3 halaman

Berhenti di angka 81 kilogram

Hingga akhir Juli 2017, Delaney terkejut. Ia berhasil melihat angka 199 pon atau sekitar 90 kilogram.

"Ini agak tidak mungkin, tapi semua wanita menaruh perhatian lebih pada saya," katanya.

Tujuan akhir Delaney adalah 190 pon atau 81 kilogram. Ia masih memiliki waktu dan usaha yang banyak untuk mencapai angka tersebut.

Sekarang, ia mengombinasikan olahraganya dengan rutin berlari dan tetap menjaga asupan kalori hariannya agar mencapai berat badan yang ia inginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.