Sukses

Hindari Makanan dan Minuman Ini Jika Ingin Gigi Sehat

Beberapa penyakit gigi juga disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Gigi yang sehat merupakan idaman setiap orang. Sayangnya, seringkali gaya hidup yang salah membuat gigi terserang berbagai penyakit dan infeksi.

Mengutip laman Boldsky, Jumat (25/8/2017, sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang paling mengganggu segala aktivitas, termasuk istirahat di malam hari.

Selain akibat gaya hidup, beberapa penyakit gigi juga disebabkan oleh makanan manis seperti permen karet. Berikut ini beberapa makanan lainnya yang harus Anda hindari jika ingin memiliki gigi yang sehat.

1. Teh dan kopi

Terlalu banyak minum teh dan kopi dapat menodai gigi. Selain itu, kandungan asam tannic dalam kopi dapat mempengaruhi lapisan enamel gigi Anda, sehingga menodai gigi dan membuatnya berwarna cokelat.

Tak hanya itu, kandungan gula membuat gigi menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri. Solusinya, ganti kopi dan teh harian Anda dengan secangkir teh hijau.

Teh hijau baik untuk kesehatan mulut dan mendetoksifikasi tubuh. Konsumsi teh hijau secara teratur juga membantu melindungi diri dari gigi berlubang, bau mulut dan penyakit gusi.

Saksikan video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Soda dan minuman manis

Minuman berkarbonasi kebanyakan mengandung asam dan itu buruk bagi kesehatan. Selain itu, minuman ringan biasanya mengandung gula, fosfor dan asam sitrat yang mengikis enamel, gigi mudah copot dan gigi berlubang.

Untuk mengurangi efeknya, jangan terlalu banyak konsumsi minum ini dan minumlah air putih yang banyak setelah konsumsi minuman tersebut.

3. Keripik kentang

Camilan seperti keripik kentang mudah terselip di antara gigi. Hal ini mempermudah bakteri berkembang di sekitar rongga mulut.

4. Makanan lengket

Makanan lengket seperti kismis, jelly dan selai dapat membuat berbagai masalah gigi. Untuk mengatasinya, berkumurlah setelah mengonsumsi makanan lengket. Selain itu, pastikan Anda menyikat gigi dengan bersih dan tidak ada makanan yang tersisa dan menempel di gigi.

5. Es

Minuman dan makanan yang terlalu dingin atau keras memberikan efek negatif pada enamel gigi. Sering mengunyah es membuat enamel berkurang dan berisiko meningkatkan patah pada tulang gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini